Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

BAN-PT Visitasi Prodi D3-Mesin Otomotif

POLITALA – Program studi Mesin Otomotif pada program D3 mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi re-akreditasi, Minggu- Selasa(01-03/04/18).

Visitasi tersebut menghadirkan dua tim asesor yakni Rudy Yuni Widiatmoko, B.Eng., M.Sc. dari Politeknik Negeri Bandung (Polban) dan Rusnaldy, S.T.,M.T.,Ph.D. dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Kedatangan tim tersebut disambut oleh Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) Dr. Mufrida Zein, S.Ag.,M.Pd dan Kaprodi Mesin Otomotif Ir. Rusuminto .S, M.T. serta para dosen dari program Studi Mesin Otomotif.

Diawal sambutannya, Direktur mengucapkan selamat datang kepada para asesor di Ruang Aula Mesin Otomotif. Lalu ia memperkenalkan para pimpinan Politala, ketua prodi, serta para dosen dari program studi Mesin Otomotif. Kepada para asesor, Direktur kemudian menjelaskan seputar pendirian Politala dan prodi Mesin Otomotif maupun kondisi terkini Politala serta Program Studi Mesin Otomotif.

Dalam proses visitasi ini, tim asesor akan melakukan klarifikasi isi borang yang mereka terima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran. Pada kesempatan yang sama, Direktur telah menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka reakreditasi ini.

Tim asesor selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik di Kampus, Prodi, dan juga melakukan peninjauan pada sarana kampus yang ada di Gedung Mesin Otomotif seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium serta biro-biro dan prasarana penunjang lainnya.

Proses visitasi berguna untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di instansi kependidikan agar lebih baik lagi kedepannya. Verifikasi dan validasi dilakukan oleh kedua asesor terhadap data yang telah tertulis di borang yang diajukan. 7 standar beserta borang yang menggambarkan kondisi nyata program studi Mesin Otomotif merupakan berkas-berkas yang diakses oleh kedua asesor.

Akreditasi prodi Mesin Otomotif D3 sendiri sebelumnya adalah ‘C’. Hasil dari penilaian biasanya tidak tentu, paling cepat adalah satu bulan atau lebih. Jika hasilnya sudah keluar, akreditasi Program Studi Mesin Otomotif akan disahkan melalui SK BAN-PT. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh program studi maupun Perguruan Tinggi sebagai sebuah instansi pendidikan. (DNA_Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *