Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

BAN-PT Visitasi Prodi D3-Teknik Informatika

POLITALA – Program Studi Teknik Informatika pada Program D3 terus berusaha meningkatkan mutu layanan dan pendidikan demi menjadi program studi yang berkualitas. Dimana sebelumnya Program Studi Mesin Otomotif pada Program D3  pada tanggal 01-03 April 2018 yang divisitasi, kali ini Program Studi Teknik Informatika pada Program D3 yang divisitasi akreditasi tahun 2018 oleh BAN PT.

Visitasi akreditasi program studi Teknik Informatika  ini berlangsung pada 05-07 April 2018. Adapun yang yang hadir dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) yaitu Nur Rokhman, S.Si.,M.Kom dari Universitas Gadjah Mada dan Ade Chandra Nugraha, S.Si.,M.T dari Politeknik Negeri Bandung.

Kedua  Tim asesor tersebut disambut oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik Sukma Firdaus, S.Si., M.T ,Wakil Direktur II Bidang Umum dan Keuangan Jaka Darma Jaya, M.P.,M.Sc , Kaprodi Teknik Informatika  Winda Apriyanti, M.Si. serta para dosen dari program Studi Teknik Informatika. Direktur Politala Dr. Mufrida Zein, S.Ag.M.Pd dalam sambutanya yang di wakili oleh Wakil Direktur I ,mengucapkan Selamat Datang di Politeknik Negeri Tanah Laut dalam rangka Visitasi Prodi Teknik Informatika.

Direktur Mengungkapan visitasi akreditasi merupakan komitmen dari civitas akademika politala untuk terus meningkatkan kualitas layanan, sehingga menjadi program studi yang lebih baik  sesuai harapan masyarakat.

Dalam proses visitasi ini, tim asesor akan melakukan klarifikasi isi borang yang mereka terima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran.  Pada kesempatan yang sama, Direktur  telah menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka reakreditasi ini.

Tim asesor selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik di Kampus, Prodi, Alumni dan juga melakukan peninjauan pada sarana kampus yang ada di Gedung Teknik Informatika seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium serta biro-biro dan prasarana penunjang lainnya.

Proses visitasi berguna untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di instansi kependidikan agar lebih baik lagi kedepannya. Verifikasi dan validasi dilakukan oleh kedua asesor terhadap data yang telah tertulis di borang yang diajukan 7 standar yakni Standart 1 : Visi misi tujuan sasaran dan strategi pencapaian, Standart 2 : Tata Pamong,sistem pengelolaan,penjaminan mutu Standart 3: Kemahasiswaan dan lulusan, Standart 4: Sumber Daya Manusia, Standart 5 :  Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, Standart 6 : pembiayaan,sarana prasarana dan sistem informasi, Standart 7 : Penelitian,pengabdian kpd masyarakat,kerjasama beserta borang yang menggambarkan kondisi nyata program studi Teknik Informatika  merupakan berkas-berkas yang diakses oleh kedua asesor.

Akreditasi prodi Teknik Informatika pada Program D3 sendiri sebelumnya adalah ‘C’. Hasil dari penilaian biasanya tidak tentu, paling cepat adalah satu bulan atau lebih. Jika hasilnya sudah keluar, akreditasi Program Studi Teknik Informatika akan disahkan melalui SK BAN-PT. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh program studi maupun Perguruan Tinggi sebagai sebuah instansi pendidikan. (DNA_HumasPOLITALA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *