Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Politala Menjadi Tuan Rumah Latgabda V Tahun 2018 Pramuka Se-Perguruan Tinggi Kalsel

MAHASISWA- Unit Kegiatan Mahasiswa Rancana Pramuka Politala mengadakan acara Latihan Gabungan Daerah V (LATGABDA V) Tahun 2018, dengan tema “Pramuka Kerja Nyata dalam Membangun Banua”. Acara ini berlangsung pada tanggal 27-29 April 2018 yang akan dilaksanakan pada 2(dua) tempat yakni di kampus Politala dan Pantai Takisung. Peserta Latgabda terdiri dari gabungan kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi se- Kaimantan Selatan meliputi Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)Darul Ulum Kandangan, Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah (STAI Rakha) Amuntai, dan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) PGRI Banjarmasin.

Pembukaan dihadiri dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Tanah Laut, Polres Tanah Laut, KNPI Tanah Laut, seluruh Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Politala, BEM, DPM, Perwailan UKM  dan Peserta Latgabda. Pemangku Adat mengawali acara pembukaan Latgabda dengan upacara adat, sebagai tokohnya yakni Pangeran Antasari yang memiliki semboyan Waja Sampai Kaputing” merupakan semboyan rakyat Kalimantan Selatan yang berarti “tetap bersemangat dan kuat bagaikan baja dari awal sampai akhir”.

Dalam sambutan Ketua panitia acara Latgabda Hilda Anggi mengatakan, “ayo kita bersama bangun pramuka di banua menjadi garda kedepan Tanah Air kita dan kita tetap bersemangat serta kuat sampai akhirnya acara ini.”

“Semoga Pramuka di Banua maupun pramuka di perguruan Tinggi Masing Masing bisa lebih maju lagi, bisa Mandiri serta kuatkan lagi silaturahmi kita ini jangan smaapaii terputus”, Harap dan Pesan Anggi.

Ketua Dewan Rancana Putra Pramuka Politala M.Syahbani Adiguna mengungkapkan, “banyak terima kasih selain Mabigus Politala  kepada KNPI Tanah Laut yang telah mensupport acara Ini, semoga acara ini bisa kami petik materinya dan bisa berguna bagi kita semua yang hadir disini”.

Kakak Mufrida Zein Selaku direktur dan Ketua dewan Mabigus Politala berpesan,” Jangan Cuma acara ini saja kita bersilaturahmi, Tapi lebih Mempereratlah Tali Silaturahmi dan persaudraan sesama pramuka Perguruan Tinggi se-Kalimantan”.

“Mengadakan acara ataupun mengikuti acara jagan di jadikan beban, Karena acara seperti ini bisa melatih kemandirian diri kita  dan kekeluargaan antar kelompok maupun mahasiswa lainya”, Ungkap Kakak Mufrida.

“Pendidikan Karakter dan Keimanan kalian harus bisa lebih baik, Jangan Melupakan waktu Sholat”, Pesan Ketua dewan Mabigus Politala.

Ketua Dewan Kwarcab Tanah Laut Sarnadi Abdullah berpesan “ Generasi pemuda harus lebih semangat meningkatakan Presatasi di ajang Pramuka Daerah dan Pramuka Nasional, jangan samapai terlena mencapai puncak Kemenangan karena bisa menjatuhkan kita”.

“Pramuka itu untuk mengembangankan saling keterbukaan dan kekelurgaan antar anggota, Karena Pramuka terkenal Suci dalam perbuatan, Suci dalam perilaku dan Suci dalam Perkataan”, Ujar Kakak Sarnadi.

Pembukaan Latgabda dibuka secara langsung dengan pemukulan Gong 3 Kali dan penyematan id card oleh perwakilan peserta oleh Ketua Dewan Kwarcab Tanah Laut dengan didampingi oleh Ketua Dewan dan anggota Mabigus Politala serta Tamu undangan sebagai dibukanya secara resmi acara LATGABDA V TAHUN 2018.

Kegiatan ini juga akan berlanjut dengan pemberian materi ruang dari Ketua Dewan Kwarcab Tanah Laut,  KNPI Tanah Laut, serta pemateri lainnya. Setelah materi selesai akan dilanjut dengan Hiburan atau welcome Party dan besok tanggal 28-29 April 2018 akan bermalam di Pantai Takisung diisi dengan materi dan Hiburan. (DNA_HumasPOLITALA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: