Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Pengabdian Masyarakat Prodi DIII-Akuntansi Di Desa Bumi Jaya

POLITALA- Langkah awal bagi Program Studi (Prodi) Akuntansi yang baru di resmikan sebagai prodi baru di Politeknik Negeri Tanah Laut oleh kemenristekdikti, untuk melaksanakan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian/ Pengembangan, dan Pengabdian Perguruan Tinggi. Salah satu kewajiban mewujudkan hal tersebut, Maka Prodi Akuntansi mengadaakan acara pengabdian masyarakat pada Senin 30/04/2018 di Desa Bumi Jaya.

Sambutan hangat kepala desa maupun aparat desa serta puluhan masyarakat bumi jaya  terhadap dosen- dosen serta puluhan mahasiswa Prodi Akuntansi Politala dalam rangka acara Pengabdian Masyarakat. Turut hadir juga Plt. Wakil Direktur IV bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri Politala Tekad Budiantoro, M.Pd, mewakili Direktur Politala untuk hadir acara tersebut. Tema yang diambil yakni “Pelatihan Penyusunan Anggaran Umum bagi Pelaku UMKM di Desa Bumi Jaya”.  Dengan ini prodi akuntansi bersama- sama membangun citra ke masyarakat terhadap kampus Politala, bahwa ilmu sangat diperlukan ke masyarakat sehingga tidak berhenti begitu saja.

Dalam Sambutan Koordinator Prodi Akuntansi  Radna Nurmalina, S.E., M.Si mengatakan,”Kewajiban kami selaku dosen untuk mewujudkan Tri Drama Perguruan Tinggi yakni tentang pengabdian masyarakat, Sehingga Ilmu yang kami berikan tidak hanya pada bidang pendidikan maupun Penelitian dan sebagai bakti kami podi akuntansi yang perdana mengabdi masyarakat secara mandiri”.

“Saat mengelola Keuangan dalam kegiatan di desa semua harus tercatat dan terdokumnetasi dengan baik, Karena susunan yang baik atau realisasi sangat diperlukan saat pelaporan” Ujar Radna.

Mulyono, S.T selaku Kepala Desa Bumi Jaya mengukapkan,”Saya selaku kepala desa bumi jaya merasa terbantu dan menyambut dengan gembira terhadap kedatangan Prodi Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut memberikan arahan atau ilmu bagi desa bumi jaya tentang Merancang, Mengelola bahkan Menyusun Realisasi Keuangan Desa”.

“Jangan sampai ini saja ilmu dari Prodi Akuntansi  yang diberikan kepada kami, Kalau bisa berkelanjutan sampai kami bener- benar memahami cara pengelolaan keuangan dengan benar”, Harap Mulyono.

“Semoga kami bisa menerapakan dengan baik ilmu yang sudah diberikan prodi akuntansi”, Imbuh Kades Bumi Jaya.

Dalam Materi Pengabdian ini dengan pemateri dosen prodi akuntansi Noor Amelia, S.ST., M.Si menjelaskan tentang Membuat Rencana Anggaran Pendapatan & Biaya untuk UKM. Sehingga Perencanan Keuangan UKM merupakan Kedisiplinan dalam mengelola keuangan pribadi/ keuangan Perusahan”, Kata Amelia.

“Kita sebagi pelaku usaha kecil Menengah harus memahmi Perencanan yakni Cash Flow, Dana Darurat, Proteksi Pendapatan, Proteksi Terhadpat tempat kerja dan Dana Pensiun”, Imbuh Amelia selaku pemateri

“Pelaku Usaha baik kecil maupun besar harus bisa menerapkan Strategi keuangan diantaranya pisahakan uang pribadi dari uang usaha, Buat Anggaran keuangan yang jelas, Pencatatan Keuangan yang Teratur, Porsi keuangan yang diatur jelas, dan Aliran uang kas lancar”, kata Amelia. (DNA_HumasPOLITALA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: