Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Mesin Otomotif Mengundang Masyarakat Desa Panggung Mengikuti Acara Pengabdian Masyarakat Bakti Mandiri

POLITALA- Pengabdian kepada  Masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dosen maupun mahasiswa Civitas Akademika yang memberikan ilmu dan pengetahuan oleh masyarakat. Kegiataan Ini merupakan salah satu unsur Tri Drama Perguruan Tinggi. Hal ini setiap Perguruan Tinggi wajib melaksanakan salah satu unsur dari Tri Drama Perguran Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dn Pengabdian kepada masyarakat. Supaya ilmu yng diberikan tidak sebatas pada pengajaran maupun penelitian bahkan harus bisa berbaur ke masyarakat.

Kesempatan ini Program Studi Diploma III- Mesin Otomotif, Jumat 04/05/18  dengan adanya unsur pengabdian kepada Masyarakat berupaya  terus meninggatkan citra kampus Politala di sekitar kampus yakni mengundang masyarakat Desa Panggung ke Politala. Dengan hal Tersebut Mesin Otomotif mampu mengumpulkan Puluhan Warga desa Panggung ke Kampus Politala , mereka sangat antusias dengan  berbodong- bondong datang berdasarakan undangan dari tim Dosen dan mahasiswa Mesin Otomotif. Kegiatan ini tidak Cuma kumpul semata tapi memberikan pengetahuan materi di bidang mesin otomotif denga tema “Perawatan Injektor Dan Karburator Pada Sepeda Motor”.

Ketua Program Studi Mesin Otomotif dalam sambutannya Ir. Rusuminto. S, MT mengatakan bahwa “Program Studi Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut adalah sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berperan mendidik mahasiswa dan juga melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi”.

“Pengabdian kepada masyarakat dimaksudkan untuk memfasilitasi dan memperkenalkan kepada para masyarakat di Desa panggung ini untuk sharing tentang bagaimana perawatan Injektor dan karburator pada sepeda motor dengan perkembangan model jenis sepeda motor yang masa kini”, Imbuh Rusuminto.

Rusuminto Juga selaku Dosen Mesin Otomotif mengharapkan,” Mudah-mudahan  pada materi ini dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Panggung ini”.

Dalam sambutan sekretaris Desa panggung Harapannya, “Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat Desa pangung ini bagaimana cara-cara perawatan injeksi dan dan karburator pada sepeda motor.

“Terima kasih kepada Bapak ketua Jurusan Mesin Otomotif yang telah mengundang kami. Semoga pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bermanfaat untuk masyarakat di Desa panggung ini”, Ucap sekretaris Desa panggung.

Pengabdian kepada Masyarakat ini selaku pemateri yakni Dosen Program Studi Mesin Otomotif yakni Adhiela Noer Syaief, ST., MT dan Muhammad Khalil, S.ST., MT. Beliau Menjelaskan Wawasan Mesin Otomotif, dan Pengertian  maupun info tentang Injektor Dan Karburator.

 

Adapun isi dari materi yang disampaikan tentang pengertian Karburator dan Injektor, Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Sedangakan Injeksi atau disebut Injektor adalah  bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya.

Jadi kesimpulan materi yakni,” Sepeda motor karburator terutama motor bebek , jumlah bensin yang terisap masuk, belum tentu semuanya terbakar. jadi agak tidak efisien, karena bahan bakar tidak terbakar , sehingga tidak ada tambahan tenaga ledakkan karena ada bensin yang tidak terbakar maka kadang sering kita mencium bau bensin. Bensin yang tidak terbakar ini akan menimbulkan asap yang berakibat pemcemaran/ polusi udara dan beracun. Mayoritas motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah”. Sedangakan “Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi”. (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *