Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Kunjungan Industri Prodi Teknik Informatika ke PT. Dharma Henwa

POLITALA- Kemajuan IPTEK mendorong kita untuk lebih meningkatkan kompetensi untuk menyongsong era globalisasi. Ilmu pengetahuan yang didapatkan mahasiswa pada Kampus belum cukup dirasakan. Untuk itu perlu adanya kunjungan ke dunia usaha / dunia industri (DUDI). Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan, Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan mahasiswa ke dunia kerja. Mahasiswa sangat berperan  pada kemajuan DUDI, Karena DUDI sendiri tidak bisa lepas dari lulusan dari perguruan tinggi dari program Advokasi Diploma III.  Dari sinilah menjadi tantangan kedepan bagi mahasiswa menjawab semua apa yang diperlukan Industri dibidang teknologi.

Sambutan Hangat oleh PT. Dharma Henwa pada selasa 08/05/18, atas kedatangan Puluhan Mahasiswa bersama Dosen program studi Diploma III-Teknik Informatika melaksanakan kegiatan kunjungan industri  ke PT. Dharma Henwa. Kunjungan Industri ini agenda rutin dilaksanakan setiap tahun bergantian disetiap kelas Teknik Informatika. Teknik Informatika siap menjawab tantang DUDI bahwa SDM atau lulusan Prodi Teknik Informatika, Oleh karena itu Teknik Informatika selalu menyiapkan lulusan handal dibidang teknologi khususnya Teknik Informatika.

Nikolaus Siba selaku pemateri dari PT. Dharma Henwa mengatakan “Saat ini indonesia adalah memasuki  era millenial yang ditandai dengan masyarakat yang konsumtif, ambisius dan gadget oriented.

“Perilaku konsumtif dan gadget oriented ini akan seimbang jika dibarengi dengan perilaku ambisius sehingga kita akan terus bekerja keras”, ujar Niko.

“Era millenial ini juga didukung dengan pemanfataan teknologi, PT.Dharma Henwa sebagai perusahaan tambang juga menggunakan teknologi sehingga pekerjaan bisa dikerjakan lebih efisien”, Imbuh Niko.

Ada salah satu pegawai PT. Dharma Henwa yakni Kusmiharso  di sela-sela acara menyampaikan pesan kepada mahasiswa Teknik Informatika Politala yang akan menjadi calon pekerja nantinya ”Apapun yang jadi pekerjaan kita itu adalah yang kita cita-citakan dan kita harus mencintainya terlebih dahulu, sehingga ketika kita akan mengerjakannya pekerjaan itu bekerjalah dengan sepenuh hati”.

Winda Apriyanti, M.Si selaku Ketua Prodi Teknik Informatika dalam sambutanya mengatakan“ Seorang mahasiswa yang mengikuti kunjungan industri bisa memahami cara penerapannya materi di dunia kerja selain materi yang didapat dikampus”.

“Jurusan teknik informatika memilih PT Dharma Henwa sebagai tempat kunjungan industri karena perusahaan PT Dharma Henwa merupakan Perusahaan tambang nasional yang telah menggunakan teknologi dalam membantu pekerjaannya dan telah mempunyai divisi IT sendiri sebagai pendukungnya” imbuh Winda.

“Kunjungan industri yang dilakukan memberikan stimulus bagi mahasiswa dengan melihat secara langsung penerapan teknologi di dunia industri dalam hal ini bidang jaringan dan pemrograman yang menjadi fokus Program Studi Teknik Informatika dalam pembelajaran bagi mahasiswanya”, Harap Winda

Winda menyampaikan sebuah pesan kepada mahasiswa yakni ”Mahasiswa harus bisa lebih bersemangat dalam kuliah dan belajarlah sungguh- sungguh  dalam bidang pemrograman dan jaringan, Agar bisa menjawab tantangan dari Industri”. (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *