Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Dosen Politala Megikuti Acara Workshop dan Klinik Proposal Pengabdian kepada Masyarakat

POLITALA- Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan wujud dari unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa. Pengabdian kepada masyarakat itu sendiri tidak lepas dari unsur lainnya yakni Pendidikan dan Penelitian. Pengbadian salah satu Aktivitas akademika Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) yang dipandang oleh masyarakat memiliki kemampuan yang lebih karena kapasitasnya yang berada di dalam lingkungan Masyarakat. Untuk itu perlu kiranya aktivitas akademik yang ada di Politala  mampu mengaktualisasikan kompetensinya dan keahlian yang dimiliki dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Politala  dengan Visi “Menjadi Politeknik Unggulan dan Berdaya Saing Nasional pada Tahun 2021” (Becoming a Superior and National Competitive Polytechnik in 2021) ingin mewujudkan sebuah impian tersebut dengan terdesentralisasinya dikhususkan pada  pengabdian pada masyarakat untuk membangun sumberdaya manusia yang berbasis IPTEKS. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut harus di dukung dengan kegiatan-kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah, mutu dan kualitas proposal pengabdian  masyarakat bagi aktivitas akademik di lingkungan Politala. Parameter yang dinilai diantaranya adalah jumlah dan kualitas prposal  pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh Politala, terutama yang berhasil bersaing secara kompetitif dan didanai oleh DIKTI.

Semua Dosen Politala mengikuti acara workshop dan klinik proposal Pengabdian kepada Masyarakat (14/05/18) yang diselengarakan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (p3m). Tujuan kegiatan ini diantaranya Memberikan pengetahuan bagi para Dosen Politala pada penyusun proposal yang belum berpengalaman dalam menyusun proposal pengabdian kepada masyarakat; mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan proposal pengabdian kepada masyarakat; membangun roadmap pengabdian kepada masyarakat berdasarkan keilmuan;  mendorong dan Meningkatkan untuk melaksanakan publikasi hasil kegaiatan pengabdian kepada masyarakat; Kegiatan ini bermaksud supaya dosen di Politala dapat meyakinkan sehingga dapat di danai oleh DRPM kemenristekdikti

Agenda workshop yang meliputi: Dasar-dasar penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat; Jenis-jenis pengabdian kepada masyaraat serta sumber pendanaan; Penulisan atau penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat; Penyusunan laporan keuangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat; Kiat-kiat penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat yang lolos seleksi pada  tahap 1 melakukan Presentasi saat desk evaluation bagi proposal dengan tujuan yakni mampu menarik antusias peserta workshop. Hal itu sangat kentara pada saat memasuki sesi klinik proposal yang dipandu oleh  Ir. Eko Nurmianto, M.Eng. SC., DERT dari Institut Teknologi Sepuluh November  Surabaya, sebab pada sesi ini peserta memperoleh masukan langsung dari narasumber terkait dengan proposal yang telah dibuat.

Ir. Eko Nurmianto, M.Eng. SC., DERT yang berpengalaman di bidang abdimas (pengabdian masyarakat) mengatakan kepada seluruh dosen politala yang hadir dalam acara yakni ”Membuat proposal harus liat potensi yang ada di daerah dan Ketika menyusun proposal libatkan dosen lintas jurusan, tenaga pendidik dan mahasiswa supaya bisa menghasilkan proposal yang bagus”.

“Menyusun juga harus kerja tim tidak sendiri, dalam penulisan ikuti kaidah Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats  (SWOT) dan visulisasikan dalam gambar di proposal supaya lebih meyakinkan”, Imbuh Eko juga selaku Dosen Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya.

Kepala P3M yakni Marlia Adriana, M.T mengatakan “Mengingat dosen di Politala ada 38 orang maka peluang mendapat hibah bisa lebih maksimal lagi oleh karenanya diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini dosen bisa membuat proposal dan nantinya memberikan dampak yang baik bagi masyarakat”.  (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *