Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

42 Mahasiswa Politala Mengikuti Kegiatan LKMM

MAHASISWA- Mahasiswa yang berorganisasi di Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala)  harus memiliki serifikat yang diakui oleh Direktur Politala sehingga organisasi memiliki kompetensi dalam pembinaannya. Organisasi baik  memiliki kepengurusan yang sudah mengikuti Latihan Dasar. Latihan Dasar ini mengenai dasar Kepemimpinan berorganisasi. Latihan Dasar yakni Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tahun 2018.

LKMM ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa yang merencanakan dan dibantu beberapa organisasi di politala. Kegiatan Ini berlangsung 2 hari (25-26/05) dengan diikuti oleh puluhan mahasiswa politala dan turut hadir yakni senioran yang pernah ikuti LKMM sebelumnya.  Tema yang diambil yaitu “Mewujudkan Mahasiswa yang Intelektual beretika dan Bertanggung Jawab”. Mahasiswa sangat bersemangat mengikuti acara tersebut karena ilmu yang belum mereka miliki ketika berorganisasi. Kegiatan ini mengingatkan seorang mahasiswa ketika memimpin sebuah organisasi harus memiliki etika, karena dari situlah letak pemimpin yang hebat.

Dalam pembukaan (25/05) sambutan ketua panitia yakni Handika,”Ketika disaat menjadi ketua sangat susah untuk mengumpulkan mahasiswa yang ingin mengikuti LKMM 2018”.

“Semoga Peserta yang mengikuti kegiatan dapat memiiki ilmu baru tetang cara berogranisasi, karena tanpa ilmu organisasi ketika berorganisasi kita tidak bisa menjalankan organiasi dengan baik,” Harap Ketua Panitia.

Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa yakni Amanda Ika Adistya dalam sambutannya mengatakan,”Menjadi pemimpin yang baik ketika kita bisa saling  memahami karakter dan bisa saling kerjasama ketika berkegiaan”.

“Semoga kita semua yang mengikuti LKMM 2018 bisa menjadi pemimpin hebat kededepannya dan bisa membawa nama organisasi masing masing dalam presatasi”, Harapan Adis pada sambutanya

Direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag.,M.Pd berpesan, “Seorang pemimpin harus memiliki etika yang luhur, Jangan sampai etika pemimpin tidak bisa membawa organiasi lebih baik”.

“Kegiatan ini dibulan puasa Ramadhan 1439 H harus diimbangi dengan kegiatan keagaman misalnya, Tadarus ,Sholat Berjamaah dan sholat taraweh bersama,”Imbuh Mufrida

“Janganlah jadi penonton dan pengekor,  terus secara mandiri dan bisa  membawa ke Presatsi dibidangnya organisasi manapun,”Imbuh Direktur Politala.

Kegiatan pembukaan di lanjutkan dengan materi dasar PBB dan Etika ketika upacara bendera  yang dibimbing Satuan Keamaan Politala  oleh Arbansyah (Purnawirawan KODIM 1009/PLH).

Rangkaian Acara selanjutnya (26/05) dengan senam pagi kemudian dilanjutkan Latiha PBB dengan kelompok Masing Masing dengan dibimbing oleh Senioran yang ditugaskan untuk Bina Damping. Materi yang diajarkan selain itu yakni “Menjadi Pemimpin Baik”  oleh Drs. Sihabuddin Chalid, M.M.Pd yakni sebagai Dewan Penyantun Politala,  Materi  “Pemuda Harus Berani Jadi Pemimpin” oleh Syahruji Padilah, A.Md yakni sebagai Ketua KNPI Tanah Laut., Materi “Bicara dengan Baik” oleh Yuliana Ningsih, S.S., M.Hum yakni Dosen Bahasa Inggiris  dan Materi  selanjutnya “Mahasiswa mengahadapi Generasi Mileneal pada industri 4.0” oleh Anton Kuswoyo, S.Si., M.T selaku wadir III bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan ini juga didukung oleh cuaca yang cerah, mahasiswa  masih memiliki semangat mengikuti kegiatan demi kegiatan.  Materi selanjutnya yakni mengajarkan mahasiswa bisa memiliki kegiatan lapangan dimana melatih ketrampilan, Kreatif mahasiswa agar memiliki kemampuan berpikir ketika memiliki tekanan dibawah titik 0 (Nol) untuk selalu siap, tegas dan kuat  tanpa ada manja apapun. Setelah kegiatan tersebut selesai maka dilantiklah sebanyak 42 Mahasiswa sebagai mahasiswa Unggul dalam berorganisasi dan  pembacaan pemenang peserta yang unggul dalam kegiatan tersebut dengan kategori nilai, Ketrampialan, Kedisiipinan, Kerapian. Mahasiswa yang memilii prestasi di LKMM 2018 diantaranya Vivi Septia (Juara I), Neng Ayu Rahmawati (Juara II), Dodo Waluyo (Juara III), Fahruz Zaini (Harapan III), Khoirul Anam (Harapan II) dan Kelompok Terbaik yakni Kelompok 2 yakni dengan Jubir Amanda Ika Adistya.

Semoga Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2018 bisa membawa perubahan bagi organiasi kampus Politala lebih baik dari sebelumnya dan memiliki kesolidan yang luar biasa ketika memimpin sebuah organisasi. (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *