Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Politala Sebagai Tuan Rumah Rapat Kerja Forum Pimpinan PTNB

POLITALA- Sejak Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menetapkan status negeri yang baru kepada 36 perguruan tinggi, Status  ini diberikan diantaranya pada 7 perguruan tinggi baru serta 29 perguruan tinggi swasta yang dinegerikan. Dengan Adanya keputusan tersebut maka dibentuklah Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Baru (FPPTNB) pada tahun 2014, Forum ini merupakan wadah pimpinan baik Rektor maupun Direktur Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) yang dibentuk agar bisa saling berkomunikasi dan bekerjasama untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Rapat Kerja PTNB (28/05) yang sebagai tuan rumah yakni Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala). Politala menyambut dengan hangat kedatangan 4 rektor dari PTNB yakni Prof. Dr.H. Rudi Priyadi, Ir., M.S. dari Universitas Siliwangi, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, M.S dari Univesitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Prof. Dr. Wahyudin Zarkasyi,CP.CPA dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), dan Prof. Dr.Sulistijono,DEA dari Institut Teknologi Kalimantan(ITK). Mereka datang membahas program kerja Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) yang disosialisasikan ke Dosen- Dosen Politala.

Pada sambutan Direktur Politala yakni Dr.Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd mengatakan kepada Para Profesor Perguruan Tinggi Negeri Baru yang sudah mau datang,”Selamat Datang di kampus  Kami Politala yang berdiri belum lama dengan Sumber Daya Manusia yang cukup muda dan  belum bisa berdiri dengan sempurna tapi kami masih perlu bimbingan serta  terus berupaya meningkatakan prestasi dibidangnya”.

“Dengan Adanya pertemuan ini semoga kita semua bisa lebih fokus dalam menuntaskan program kerja yang direncanakan sebelumnya, Agar mendapatkan kesuksesan bersama”, Harap  Direktur Politala

 

Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, M.S mengatakan “Peran Desa sangat penting pada era industri 4.0 jadi perguruan tinggi perlu adanya akademi desa 4.0 dengan tujuan untuk mempercepat proses desa membangun, melalui kolaborasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT) dengan pegiat desa, lembaga pelatihan, dan perguruan tinggi

“Fokus Kerja Perguruan Tinggi  untuk Desa meliputi Penerapan Teknologi Tepat  guna, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Desa, Peningkatan Keberdayaan Desa, Pemberdayaan Pemerintah Desa & BUMD dan Pembangunan Infrastruktur Desa”, Imbuh Teguh.

Prof. Dr.Sulistijono,DEA Berpesan “Politala jika ingin maju pada Pengabdian desa dan ingin memiliki dana lebih harus berani cari pendukung dari perguruan tinggi lain di sekitar Kalimantan Selatan”.

Pada kesempatan selanjutnya Prof. Dr. Wahyudin Zarkasyi,CP.CPA mengatakan “Kita semua harus buat publikasi Internasional maupun nasional agar kita dapat bersaing sama perguruan tinggi lain yang sudah hebat dan sukses”.

Dalam sambutan Prof. Dr.H. Rudi Priyadi, Ir., M.S.  mengatakan ”Politala ini termasuk hebat yang didirikan oleh pemerintah daerah mampu bersaing di perguruan tinggi negeri lainya dan memiliki sumber daya manusia yang muda – muda” .

Kegiatan selanjutnya Politala juga melakasanakan kegiatan MoU dibidang Tri Darma Perguruan Tiinggi terhadap perguruan Tinggi Negeri yang datang di Politala. Kegiatan sebelum sosialiasi dan MoU juga ada kegiatan sebelumnya mereka berkunjung kewisata pasar terapung dan berbaur ke masyarakat. Mereka sangat antusis terhadap perdagang khas kalimantan walaupun jaman sudah modern pedagang pasar terpung masih memegang tradisi kalimantan. Kurang lebih kehidupan manusia kalimantan hidup di perairan, karena memiliki banyak sungai. (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *