Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Prodi TIP Melaksanakan Uji Kompetensi di Politala

POLITALA- Uji Kompetensi merupakan suatu proses pembuktian kemampuan terhadap seseorang atas kompetensi dibidangnya. Pelaksanaan uji kompetensi bagi mahasiswa dan dosen di program studi Teknologi Industri Pertanian (Prodi TIP)  terlaksana berkat kerjasama yang baik antara Politeknik Negeri Tanah Laut (politala) dengan TUK Pertanian Stiper Amuntai.

Peserta atau Asesi yang ikut dalam kegiatan Uji Kompetensi terdiri dari 20 Mahasiswa dan 15 Tenaga Pendidik dna  Dosen. Adapun Skema Uji Kompetensi yang diikuti ada 6 skema yakni Pembuatan Petisida Organik; Pembuatan pupuk organik; pengolahan Roti; Pengolahan tempe; pengolahan nata de coco ; dan pemasaran produk serta jasa pertanian. Asseor pada pelaksanaan Uji Kompetensi Prodi TIP ada 3 Assesor  yakni Ir. Bambang Tri Wibowo dan Drs. Lalu Farizul Idhi  dari LSP Pertanian Nasional.

Dalam Sambutan Ir. Bambang Tri Wibowo mengatakan “ada 3 Unsur perilaku pada uji Kompetensi, yaitu pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap”

“Kriteria Kelulusan  dari uji Kompetensi harus terpenuhi dari ketiga unsur penilaian tersebut dan Asesi dinyatakan Kompeten Apabila penilaian pengetahuan, Keterampilan dan Sikap dinyatakan Kompeten Semua”, Imbuh Bambang dalam sambutanya.

Sambutan pada acara pembukaan oleh Direktur Politala yang diwakili oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswan yakni Anton Kuswoyo, S.Si, M.T.  mengatakan “Mahasiswa yang akan lulus dari Perguruan Tinggi tidak hanya Ijazahnya sebagai bukti penyelesaian Studinya tetap diperlukan sertifikat pendamping ijazah”.

“Melalui Uji Kompetensi ini diharapkan menjadi acuan bahwa Mahasiswa benar benar Memiliki Keahlian yang kompeten dan dapat diakui oleh Dunia Industri”, Imbuh Anton.

Akhirya acara yang dilaksanakan 2 hari (30-31/05)  berjalan dengan lancar dan kondusif. Akhir acara para dosen dan mahasisswa Prodi TIP  masih penuh semangat dan diakhiri dengan sambutan penutupan.

Nuryati, S.T., M.Eng selaku Ketua Prodi TIP dalam penutupan acara mengatakan sebuah harapan,“Mudah- mudahan Prodi Teknologi Industri Pertanian ke depan bisa menjadi Tempat Uji Kompetensi atau mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP1)  dengan skema yg lebih luas lagi”.

“Semoga semua dosen di TIP khususnya dan di Politala pada umumnya bisa mengikuti asesor agar bisa menguji uji kompetensi baik di TUK sendiri maupun di LSP terkait”, Imbuh Nuryati.

Ketua asesor Ir. Bambang Tri Wibowo dalam sambutan penutupnya menyampaikan sebuah Pesan “Semoga Sertifikat bagi mahasiswa yang kompeten dapat dipercepat prosesnya dan apabila ada momen penting atau agenda penting politala secara simbolik dapat diserahkan sebagai bukti politala komitmen terhadap kegiatan tersebut”. (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *