Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Perwakilan Mahasiswa Politala Mengikuti MUNAS FKMPI Ke-19 di Politani Pangkep

MAHASISWA- Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia (FKMPI) merupakan wadah komunikasi dan komordinasi lembaga kemahasiswaan politeknik bertaraf nasional yang berdiri sejak tanggal 12 September 1998 di Politeknik Negeri Semarang. Tujuan dibentuk FKMPI untuk mewujudkan dan menjaga persatuan dan kesatuan antar mahasiswa politeknik se Indonesia. Selain itu, FKMPI juga merupakan wadah penyaluran aspirasi mahasiswa politeknik se Indonesia dan kerjasama dalam rangka pengembangan mahasiswa di bidang minat dan bakat, ilmu pengetahuan dan teknologi. Sampai saat ini, kegiatan FKMPI yang paling menonjol dan rutin dilaksanakan adalah MUNAS (Musyawarah Nasional) dan SARNAS (Sarasehan Nasional).

Kegiatan kali ini yakni MUNAS FKMPI ke-19 sedangkan yang menjadi tuan rumah yakni POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKAJENE KEPULAUAN (Politani Pangkep)  yang diselenggarakan pada tanggal 27 Mei 2018 sampai 1 Juni 2018. Tema pada kegiatan ini adalah “Peran Mahasiswa Menghadapi Era Revolusi Industry 4.0”. Dihadiri oleh kurang lebih 46 Politeknik, serta 82 delegasi, dilangsungkan di Hotel Sahid Jaya Kota Makassar. Kegiatan   ini termasuk kegiatan yang  baru pertama dilakukan pada bulan Puasa Ramadhan.

Pada MUNAS FKMPI ke-19 dari Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) yang diwakili oleh 2 Orang Perwakilan Mahasiswa Politala yakni Amanda Ika Adistya (BEM Politala) dan Reinaldo (DPM Politala). Mereka diberi Tugas dari Direktur Politala untuk mewakili dari Politala menghadiri acara MUNAS FKMPI Ke-19 di Politani Pangkep. Mereka tetap bersemangat mengikuti kegiatan demi kegiatan pada MUNAS FKMPI walaupun kegiatan ini berlangsung di bulan Puasa Ramadhan.

Kegiatan yang berlangsung diantaranya Opening ceremony dihadiri oleh BAKORMA dan Direktur serta Wakil Direktur politani pangkep dan Seminar Nasional yang bertajuk “Kegiatan Kemahasiswaan dan Politeknik Kedepannya”. Serta kegiatan lainya diantaranya kegiatan sholat traweh bersama, Field Trip ke Pantai Losari dan hari terakhir Buka Puasa Bersama dengan Bupati Kabupaten Pangkajene Kepulauan di Rumah Dinas Pejabat, sekaligus tanda tangan untuk kenang kenangan di dinding rumah jabatan tersebut.

Sambutan Direktur Politani Pangkep yakni Dr. Ir. Darmawan, M.P mengatakan,“Selain berogranisasi mahasiswa khusunya Politeknik harus bisa  mewujudkan lulusan advokasi yang memiliki ilmu dan keahlian handal yang bisa dikembangkan”

“Politeknik harus juga bisa menyumbangkan sebuah presatasi yang membanggakan, Sehingga Politeknik bisa bersaing dan bisa jadi terdepan serta unggul terhadap perguruan Tinggi lainnya di Indonesia”, Imbuh Darmawan dalam sambutanya.

Pesan dan kesan mengikuti acara MUNAS FKMPI Ke-19 dari perwakilan mahasiswa politala yang berhasil ditemui ((05/06) yakni Amanda Ika Adistya atau sering dikenal dengan panggilan Adis mengatakan” Alhamdulillah acara dilangsungkan ketika bulan ramadhan, jadi kebersamaan yang kami rasakan begitu kental, karena kami berbuka puasa dan tarawih bersama, sidang demi sidang kita lewati dengan berbagai macam gagasan, argument, serta sanggahan sanggahan yang sangat cerdas. Sangat disayangkan ketika membacakan  laporan pertanggung jawaban, ada beberapa wilayah yang kurang berkontribusi dalam fkmpi, yaitu wilayah Kalimantan dan Sulawesi.  Hal ini kemudian membuat seluruh peserta yang berasal dari Kalimantan besatu dan bertekad bahwa tahun selanjutnya, wilayah Kalimantan hasrus lebih baik daripada tahun sebelumnya”.

Adis juga memiliki kesan menarik ketika sekamar dengan mahasiswa dengan Politeknik berbeda yakni Politeknik Negeri padang yang merupakan Anggota MPM ( di politala disebut DPM ); Politeknik Negeri Samarinda, dan Poltekkes jakarta 3. Mereka sangat sangat baik, mereka aktif, mereka selalu bebagi kisah dengan saya mengenai kampus mereka yang membuat saya lebih semangat untuk membuat Politala khususnya BEM untuk lebih terstruktur dan lebih berani.

Selain Adis juga ada perwakilan Politala yakni Reinaldo (05/06) juga memiliki Pesan dan kesan tersediri yakni “Baru kali ini menghadiri kegiatan besar di bulan ramadhan, namun tidak menurunkan semangat kami untuk tetap berargumen dan bersinergi dalam kegiatan”

Reinaldo juga memiliki Kesan,” Saya tinggal satu kamar dengan peserta dari Jakarta, Padang dan Samarinda, baru berapa menit kenal kami langsung akrab dan bercerita tentang birokrasi yang ada dikampus masing masing, saya banyak belajar dari mereka, dan semoga sebaliknya juga”.

Pertemuan MUNAS FKMPI ke-19 di Politani Pangkep terpilihlah Sekertaris Jendral periode 2018-2019 dari Politenik Negeri Elektronika Surabaya yakni sdr. Paminto Nugroho. Kegiatan ini Politala di berikan sebuah amanah yang harus bertanggung jawab sebagai Fungsionaris di dalam kepengurusan FKMPI sebagai Koordinator Wilayah Kalimantan yakni sdri. Amanda Ika Adistya . Seluruh CIvitas Akademika mengucapakan Selamat dan Sukses atas MUNAS FKMPI ke-19 yang diselenggarakan di Politani Pangkep dan Semoga Kepengurusan Baru FKMPI periode 2018-2019 memberikan perubahan berarti terhadap kemajuan organisasi Politeknik Se- Indonesia. Hasil keputusan sidang terakhir yakni kegiatan selanjutnya yakni  SARNAS FKMPI tahun 2018 akan diadakan di Politeknik Negeri Bali dan MUNAS FKMPI  ke-20 akan diadakan di Politeknik Negeri Sriwijaya.  (DNA_HumasPolitala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: