Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Mengangakat Kesenian Daerah, PKM Mahasiswa Politala Lolos

Perubahan generasi muda saat ini sudah hampir lupa dengan budaya dan kesenian lokal daerah masing masing. Perubahan itu  muncul karena adanya budaya dan kesenian modern yang datang dari luar negeri, seperti K-Pop dari Korea, Bollywood dari India, film Hollywood Amerika, dan budaya barat lainnya.Padahal, Indonesia memiliki banyak dan sangat kaya akan kebudayaan dan kesenian lokal yang perlu dilestarikan agar tidak punah.

Sekelompok mahasiswa dari Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) sangat Prihatin dengan adanya tersebut yakni Ridho Saputra, Dianawati, M. Rizki Maulana, Devilasari, dan Mar’atus Sholihah, maka mereka mengampanyekan kembali seni Madihin kepada masyarakat, khususnya di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini mendapat Aspresiasi positif dari masyarakat yang kembali dimunculkan seni budaya tersebut. Bahkan beberapa orang ingin agar penampilan Madihin di RTH rutin dilakukan setiap hari minggu.

Kegiatan yang diberi nama Road Show Madihin ini menampilkan kesenian Madihin di sekolah-sekolah, Balaidesa, Ruang Terbuka Hijau (RTH), maupun tempat hiburan keluarga yang ada di Pelaihari. Kegiatan ini diadakan merupakan usaha dan pemikiran dari sekelompok mahasiswa politala yang lolos proposal pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Pengabdian Masyarakat tahun pendanaan 2018.

Kegiatan yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Nina Hairiyah, S.TP., M.Si dan R. Rizki Amalia, S.T., M.Si ini mendapat pendanaan dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Pengabdian Masyarakat merupakan agenda tahunan untuk perguruan tinggi yang mennyumbangkan pemikiran yang kreatif demi kemajuan negara dan masyarakat.

Anton Kuswoyo S.Si., M.T, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala) membenarkan bahwa untuk bisa mendapatkan pendanaan PKM ini seleksinya sangat ketat.

“Mahasiswa Politala harus bersaing dengan ribuan mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Itu karena proposal PKM yang didanai benar-benar proposal yang bagus dan kegiatannya berdampak positif bagi masyarakat,” katanya.

“Semoga Kedepannya Mahasiswa Politala bisa menyumbangkan pemikiran yang lebih baik lagi dengan judul lebih baik maupun unik”, Ujarnya Saat ditemui (16/7). (DNA_HumasPolitala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *