Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Dosen Melaksanakan Kegiatan Diseminasi Penelitian ke Desa Ujung Batu

POLITALA- Pelaksanaan penelitian merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) yang wajib dilaksanakan oleh civitas akademika Politeknik Negeri Tanah Laut. Penelitian yang dilakukan oleh dosen di lingkungan Politala terus meningkat baik jumlah maupun mutunya. Hal ini diperlihatkan dengan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh dosen baik pada jurnal nasional maupun jurnal internasional. Selain itu, banyak produk hasil penelitian yang siap untuk dilakukan hilirisasi. Jumlah dan mutu penelitian yang dilakukan menunjukkan kompetensi dosen Politala itu sendiri.

Untuk mengenalkan hasil-hasil penelitian dan kompetensi dosen tersebut perlu dilakukan diseminasi hasil penelitian. Diseminasi hasil penelitian tersebut juga sekaligus memperkenalkan kompetensi atau keahlian dosen kepada pengampu kepentingan (stake-holder), sepeti Pemerintah Daerah (Pemda) dan industri di bidang teknologi.

Dosen Politala mendapatkan hibah Diseminasi Penelitian yang diketuai oleh Anton Kuswoyo, S.Si., M.T dan dengan rekan anggota Dosen serta dibantu sebagian mahasiswa melaksankan kegiatan di desa ujung batu. Kegaiatan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 06- 07 Oktober bertempat di kelompok Peternak Kambing. Kegiatan yang diadakan yakni “Pelatihan Penerapan Pembuatan Pakan Kambing Fermentasi Menggunakan Mesin I-Gita pada Kelompok Perternak Kambing”.

Sejumlah peserta yang hadir sangat berkesan dan antusis hadir menyimak adanya Pelatihan ini yang disampiakan oleh dosen politala yang telah memperoleh dana hibah dari kemenristekdikti. Mereka perlu ilmu baru dalam penerapan teknologi tepat guna yang bisa di pakai oleh masyarkat khususnya desa ujung batu. Alat yang dijelaskan kemudian di serahkan oleh masyarakat ujung batu, agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Anton berharap,”Semoga masyarakat ujung batu bisa menerapakan ilmu yang sudah diberikan kami dan bisa menjadikan peluang bisnis didesa ujung batu”.

Selain kegiatan pemberian materi, Anton Kuswoyo selaku ketua dari team dosen ini memberikan praktek cara membuat pakan ternak kambing dengan alat penelitian yang dibuat olehnya. (DNA_HumasPolitala)

%d blogger menyukai ini: