Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Teknologi Industri Pertanian Politala melaksanakan Pengabdian Di Desa Panggung

POLITALA- Civitas Jurusan Teknologi Industri Pertanian melaksanakan pengabdian masyarakat (12/10) dengan tema IPTEKS dan Kewirausahaan di Langgar Jalan Mawar, Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari. Pengabdian masyarakat ini melibatkan tim yang terdiri dari dosen, staf, alumni, dan mahasiswa. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu pengajian yang berjumlah 35 orang. Materi yang disampaikan pada pengabdian ini mengenai pembuatan bumbu bubuk instan gangan asam, yang merupakan hasil Tugas Akhir salah satu alumni Jurusan Teknologi Industri Pertanian.

Ketua Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Ibu Nuryati S.T., M.Eng  dalam sambutannya menyampaikan semoga materi yang disampaikan memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu karena materi yang disampaikan berkaitan dengan pengolahan bumbu. Bumbu gangan asam ini diolah menjadi bubuk untuk memperpanjang umur simpan produk. Proses pengeringannya bisa menggunakan oven atau sinar matahari.

Materi pengabdian disampaikan oleh saudari Riyan Nisa, A.Md, alumni Jurusan Teknologi Industri Pertanian yang didampingi oleh Bapak M.Indra Darmawan, S.TP. M.Sc. Para peserta pengabdian antusias menyimak pemaparan materi yang menjelaskan tentang komposisi bumbu gangan asam serta proses pembuatannya hingga menjadi bubuk. Ibu-ibu peserta pengabdian pun diberi kesempatan untuk mencicipi sayur gangan asam dengan bumbu hasil racikan Riyan Nisa, A.Md dan semua berkomentar, “Sayurnya enak, Mba”. Selain itu, kegiatan pengabdian ini semakin meriah dengan diadakannya sesi tanya jawab dan penyerahan doorprize oleh Bapak Jaka Darma Jaya, MP., M.Sc, Ibu Nuryati S.T., M.Eng, dan Ibu Mariatul Kiptiah, S.Sos., M.Si bagi ibu-ibu yang mengajukan pertanyaan. (TIP_HumasPolitala)

%d blogger menyukai ini: