Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Dosen Politala Mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Politala di Desa Bumi Asih Kecamatan Panyipatan

POLITALA- Para petani menjual hasil panen dalam bentuk jagung kupas atau biji-biji jagung yang telah dipipil, sementara tongkol jagung pada umumnya tidak dimanfaatkan bahkan hanya dibuang saja atau dibakar .

Hal ini mendorong Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  Politala yang beranggotakan dari dosen Mesin Otomotif Politala Anggun Angkasa B.P, S.T., M.T.,Ika Kusuma Nugraheni.  S.Si., M.Sc., Kurnia Dwi Artika, M.T untuk  memberikan pelatihan pemanfaatan limbah tongkol jagung menjadi pakan ternak ruminansia (sapi, Kambing, Kerbau tsb).

Tepat pada tanggal 20/10/18 kegiatan ini dilaksanakan di desa Bumi Asih Kecamatan Panyipatan yang dihadiri kelompok tani dan masyarkat Desa Bumi Asih.

“Masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, karena kegiatan ini benar – benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar dan diharapkan dengan adanya kegiatan – kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya”, Ucap Anggun

“Harapannya masyarakat dapat terus mengolah dan memanfaatkan limbah tonggol jagung dengan teknologi menjadi pakan ternak sebagai alternative yg murah dan melimpah, dan bisa membina masyarakat / kelompok tani sekitar untuk Bersama mengembangkan desanya agar mampu memproduksi pakan ternak sendiri / mandiri dan dijual belikan sebagai tambahan nilai ekonomi”, harapan Kurnia . (HR_Humas Politala)

%d blogger menyukai ini: