Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Penelitian Kerjasama pada Kunjungan Universitas Gajah Mada ke Politala

POLITALA- Tridarma Perguruan Tinggi meliputi pengajaran,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen tidak hanya memberikan perkuliahan ke mahasiswa,  tetapi harus terpenuhi tiga darmanya.  Penelitian menjadi sangat penting,  karena beban kerja dosen tidak akan terpenuhi jika dosen tersebut tidak melakukan penelitian,  baik penelitian yang didanai mandiri,  institusi maupun penelitian yg didanai oleh kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi melalui DRPM (Direktorat Penguatan Riset dan Pengabdian kepada masyarakat). Ada beberapa skema dalam penelitian, salah satu skemanya adalah PKPT (Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi).

Dosen Politeknik Negeri Tanah Laut telah berhasil mengalahkan kompetisi di tingkat nasional dengan skema PKPT.  Ibu Ika Kusuma Nugraheni,  M. Sc telah membuktikan kekeberhasilan dengan menggandeng perguruan tinggi lain yaitu dua orang profesor dari Universitas Gadjah Mada sebagai mitra dalam PKPT ini.

Tahun 2018 merupakan waktu pelaksanaan penelitian yang rencananya akan dilanjutkan pengajuan kembali untuk tahun 2019. Penelian dengan judul “Sintesis Biodiesel POME Menggunakan Katalis Zeolit Terimpregnasi dan Uji Performanya pada Mesin Diesel” telah dilaksanakan untuk tahun pertama ini.  Dalam perjalanannya untuk melaksanakan PKPT ini, tempat penelitian dilakukan di Laboratorium Pengujian Politeknik Negeri Tanah Laut, Laboratorium FMIPA Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.  Kunjungan dari Perguruan mitra menjadi sangat penting untuk mengevaluasi kegiatan dalam penelitian ini.

Pada tanggal 26-28 Oktober 2018 Team PKPT Politala dikunjungi team mitra, beliau adalah Prof.  Dr.  Triyono,  SU (selaku Dekan FMIPA UGM)  dan Prof. Dra.  Wega Trisunaryanti,  Ph.D. Eng untuk memberikan masukan tentang target-target PKPT yang sudah tercapai dan yang akan dikerjakan selanjutnya.  Kegiatan mitra di Politala meliputi evaluasi progress penelitian dan kunjungan ke laboratorium.

Dalam sambutanya pada acara pembukaan Prof. Triyono menyampaikan,“UGM khusunya Fakultas MIPA akan memfasilitasi kerjasama-kerjasama yang lain baik dalam penelitian,  studi lanjut S3 dosen,  dan kerjasama dalam rangka sharing laboratorium”.

Pada kesempatan yang sama wakil direktur 1 bidang akademik Bapak Sukma Firdaus,  S. Si.   M,. T menyampaikan,“Ucapan terimakasih kepada perguruan tinggi mitra yaitu UGM dan memberkan apresiasi kepada team PKPT Politala serta memberikan dukungan penuh untuk kerjasama penelian dan kerjasama yang lain yang dapat meningkatkan prestasi Politala”.

Dalam penutupan acara Prof. Triyono dan Prof. Wega menyampaikan pesan,”Kepada Team PKPT untuk lebih semangat lagi dalam menyusun proposal-proposal penelitian berikutnya,  team mitra sangat mendukung untuk pengajuan proposal PKPT di tahun kedua”.

“Tetep semangat dan sukses selalu dan disampaikan juga Instutusi jangan lama-lama untuk mengajukan akreditasi dengan target A,  karena kalau melihat potensi dan prestasi Politala akan menjadi besar dalam waktu yang tidak lama”, Imbuh Triyono dalam penutupan Acara.

“Semoga team di politala menjadi team yang solid untuk selalu mengejar prestasi prestasi yang lain”, Harap Prof. Triyono kepada Politala. (DNA_HumasPolitala)

%d blogger menyukai ini: