Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

ICT Kembali Mengadakan Sosialisasi Aplikasi bagi Dosen Politala

POLITALA- Sosialisasi Aplikasi yang diadakan Oleh Unit Pelaksana Teknis ICT (22/02) di Gedung Muhammad Nuh (Ruang Karet) ini tentang  Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Kegiatan ini dihadiri Direktur, Seluruh Wakil Direktur, Seluruh Dosen Politeknik Negeri Tanah Laut dan Staf Bagian Kepegawaian. Sosialisasi ini  merupakan program  lanjutan Pihak ICT dalam pengembangan sistem informasi Politala  agar lebih Effektif dan Effisen. Proses penggunaan pada sistem informasi  ini juga dapat membantu pihak user (pemakai) dalam menggunakannya.

Aplikasi SISTER dibangun karena setiap aktifitas dosen memiliki berbagi informasi tri drama perguruan tinggi yang meliputi Latar belakang pendidikan, Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, Hal tersebut seringkali data- data formal yang terkait masih banyak yang tercecer dan sulit ditemukan ketika di perlukan. Sehingga dengan adanya Sistem yang dirancang dapat membantu pihak dosen dalam membangun protofolio yang mengkompilasikan seluruh aktifitas Tri Drama Perguruan Tinggi. Aplikasi SISTER sangat berguna dalam penyusunan Protofolio, Protofolio  ini dipakai untuk proses pengembangan karir dosen politala. Data pada protofolio ini dapat di klaim  dalam proses angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya, sehingga Asesor / reviwer dapat melakukan penilaian aktifitas dan produk yang telah diklaim tersebut.

Intergrasi antara SISTER Politala dengan Pangkalan Data DIKTI akan mengurangi beban dosen dalam pengisian Protofolio. Semua aktifitas pengajaran tidak perlu lagi diisikan ulang melaui aplikasi SISTER. Seluruh Data yang diisikan oleh dosen kedalam Apikasi SISTER dapat divalidasi oleh Kepegawaian, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan LP2DIKTI Wilayah 11, dan Kemenristekdikti. Setelah semua divalidasi, data data didalam SISTER  memutakhirkan Database PD-Dikti.

Didalam Sambutan Kegiatan ini  Direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd mengatakan, “Dosen dalam melakukan Pendidikan dan Pengajaran harus lebih bisa mengarahkan dan membantu mahasiswa ketika mengalami kesulitan dalam proses belajar maupun nilai yang masih kurang, Karena mahasiswa memiliki karakter berbeda dan dosen harus bisa memahami keadaan mahasiswa tersebut”.

Pada penjelasan Kepala UPT ICT yakni Fathurraahmani, M.Kom mengatakan,”SISTER yang direncanakan ini sebagai one-stop-Service yang melayani seluruh rangkaian protofolio, pemutakhiran data dosen dan Proses- proses terkait karir dosen”.

“Harapan Pendokomentasian aktifitas Tridarama Perguruan Tinggi bagi dosen dan peningkatan karir doses dapat berjalan lebih mudah, lebih effisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER”, Harap Fathurraahmani didalam penjelasannya. (HumasPolitala)

%d blogger menyukai ini: