Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Jurusan Mesin Otomotif di Politala Gelar Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi Mahasiswa Mesin Otomotif

POLITALA – Bertepatan dengan hari pendidikan nasional, tempat Uji Kompetensi (TUK), Jurusan Mesin Otomotif di  Politeknik Negeri Tanah Laut melaksanakan uji kompetensi bagi mahasiswa tingkat akhir Jurusan Mesin Otomotif. Adapun skema yang di uji kan yakni service sepeda motor sistem injeksi dan Engine Tune Up sistem injeksi.

Pelaksanaan uji kompetensi dimulai pada hari Kamis tanggal 02 s.d 03 Mei 2019, bertempat di Workshop Mesin Otomotif Politala. Pelaksanaan uji kompetensi diikuti 41 orang peserta dari mahasiswa Jurusan Mesin Otomotif. Politala menggandeng Lembaga Setifikasi Profesi-Teknisi Mesin Otomotif Profesional (LSP-TOP) yang telah berpengalaman dalam melaksanakan uji kompetensi khusus nya dalam bidang otomotif.

Selama 2 hari, mahasiswa Jurusan mesin otomotif akan di uji kemampuan dalam bidang otomotif oleh 2 orang assesor yaitu Tatang Raharjo dari LSP TOP dan Muhammad Khalil, S.ST., MT,  Dosen Prodi Mesin Otomotif Politala. Dengan pelaksanaan uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang otomotif serta dapat memberikan sertifikat kompetensi bagi mereka yg di berikan predikat lulus dan kompeten sehingga memiliki sertifikat pendamping ijazah.

Dalam wawancara Ir. Ir. Rusuminto Syahyuniar, M.T. merupakn Ketua jUrusan Mesin otomotif (02/05) mengatakan,”Uji Kompetensi merupakan rangkaian kegiatan pemantapan kompetensi mahasiswa dibidang profesi yang mana sertifikat yang didapat dikeluarkan oleh BNSP dan sertifikat tersebut merupakan sertifikat profesi pendamping ijazah”.

“Penyelenggaraan uji kompetensi dilaksanakan TUK mesin otomotif Politala dibawah naungan LSP TOP akan membantu mahasiswa dalam mencari pekerjaan nantinya, jika mereka yang berkompeten akan mendapatkan sertifikat kompetensi mesin otomotif sesuai skema yang mereka pilih”, Ucap Rusuminto saat ditemui.

“Selain itu juga pihak industri juga dapat melacak online bagi yang sudah memiliki sertifikat kompetensi dan mudah bagi industri untuk merekrut calon karyawannya” Imbuh Rusminto juga sebagai dosen Mesin Otomotif. (Humas Politala)

%d blogger menyukai ini: