Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

KPP Pratama Banjarbaru Menjadi Narasumber Kuliah Tamu Prodi Akuntansi di Politala

Politala-  Mengembangkan pengetahuan dan wawasan mata kuliah tidak hanya ketika bertatap muka dengan dosen saja, bahkan bisa mengundang Tokoh atau Partisi yang berkepentingan. Hal Tersebut tidak membuat Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Tanah Laut terus berlomba- lomba mengundang tokoh dan partisi tersebut untuk Kegiatan Kuliah Tamu. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa dapat mendapatkan Pengetahuan dan wawasan yang bertambah serta membentuk pola pikir mahasiswa lebih maju. Narasumber tersebut akan memberikan suasana  yang berbeda terhadap mahasiswa, yang diharapkan ketika tidak memahami di mata kuliah bisa memahami ketika mendatangan tokoh dan partisi yang bersangkutan.

Kuliah Tamu (17/06) kali ini yang mengelar dari Prodi Akuntansi dengan mengundang Partisi yang membidangi Perpajakan yakni Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banjarbaru. Kegiatan yang berlangsung Siang hari pukul 15.00 Wita tidak mengurangi semangat seluruh mahasiswa Akuntansi untuk datang ke ruang kelas Akuntansi hingga selesai pukul 17.00 Wita. Kuliah Tamu ini juga ada pada mata kuliah Pajak di Akuntansi Semester IV, Kegiatan bertemakan “Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan Perpajakan”.

Koordinator Program Studi Akuntansi yakni Rina Pebriana, S.E., M.Comm dalam Pengantar berpesan kepada Mahasiswanya mengatakan,”Perhatikan dan Pahami imu yang diberikan Narasumber, Karena Pengetahuan dan Wawasan yang diberikan sangat penting bagi kalian mungkin ilmu yang diberikan dikampus masih banyak kekurangan supaya kalian lebih memahaminya tentang ilmu tersebut”. Narasumber memberikan pengertian tentang pengetahuan pajak yang meliputi Pengertian, Jenis Pajak, Perhitungan Pajak dan sebagainya.

Narasumber  pertama yakni dari Fatimah Zachra Fauziah menjelaskan,”Pajak harus wajib dibayarkan oleh setiap orang,  yang nantinya hasil pajak tersebut digunakan membangun Sarana Prasarana tidak untuk kepentingan Apapun”.

“Kalian sebagai seorang akademis atau seorang mahasiswa setelah diberikan ilmu dari kami, bisa memberikan ilmu ini kepada masyarakat.  Seorang mahasiswa yang akan lebih dekat kepada masyarakat yang bisa membantu pihak kami dari pajak menjelaskan tentang Perpajakan kepada masyarakat”, Pesan Fatimah Zachra Fauziah atau dengan panggilan mbak Lala.

Narasumber kedua yakni Dwi Puji Lestari menjelaskan cara penghitungan pajak yang benar,Beliau mengatakan,”Penghitungan Pajak sesuai perundang- undangan pajak yang berlaku, jadi tidak sembarangan memotong pajak sesuai jumlah dana dan jenis dana yang digunakan”.

“Kami terbuka untuk kalian jika kalian ingin berkonsultasi mengenai pajak”, ujar Dwi dalam sela- selanya beliau menjelaskan.

Kegiatan sangat meriah dengan adanya pembagian doorprize dan hadiah kuis.  Diakhir acara seluruh peserta yakni mahasiswa akuntansi mengikuti kuis yang di buat oleh narasumber dari KKP Pratama Banjarbaru dengan mencari 3 (tiga) pemenang. Tidak hanya itu disetiap menjelaskan narasumber melontarkan pertanyaan kepada mahasiswa, mahasiswa yang bisa menjawab diberikan sebuah doorprize yang dibagikan. (HumasPolitala)