Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

LSP TIK Indonesia kembali di Politala Gelar Uji Kompetensi bagi Prodi Teknik Informatika

Politala- Sertifikat Kompetensi Profesi sebagai pendamping ijazah pada semua bidang ilmu, sudah tidak dapat ditawar lagi dan kewajiban mahasiswa ketika lulus nantinya. Untuk kesekian kalinya, Program Studi Teknik Informatika di Politeknik Negeri Tanah Laut Gelar Uji Kompetensi oleh TUK Informatika Politala (21/04). Kegiatan dikuti sebanyak 82 Peserta yang terdiri dari 28 Dosen, 10 Tenaga Kependidikan, 44 Mahasiswa. Lembaga Sertifikasi yang sebagai assesor yakni Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP TIK Indonesia). Assesor Kegiatan ini yakni  Yusriel Ardian, Noven Indra Prasetya, Galih Laksono dan Hasyim Asyari Yusuf.

TUK Informatika Politala  dibawah pimpinan Winda Aprianti, M.Si  ini memiliki beberapa skema kompetensi di bidang Teknik Informatika yakni meliputi skema Junior Proramming, database Programing, Junior Networking dan Pracical Office Advanced. Skema tersebut yang akan diujikan dan diikuti oleh  peserta khususnya Prodi Teknik Informatika di Politala. Ujian kompetensi selama 2 hari yakni dari tanggal 21-22 Juni 2019.

Pembuktian kompetensi yang dilakukan oleh LSP TIK Indonesia berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merupakan rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sambutan Pembukaan Uji Kompetensi yakni Dr.Mufrida Zein, S.Ag.,M.Pd mengatakan,”Kami mengucapkan Terima Kasih, Karena suatu penghargaan luar bisa bagi kami mendapatkan hibah dari LSP TIK Indonesia untuk Menambah jumlah peserta mengikuti Uji Kompetensi ini”.

“Semoga Dosen- Dosen nantinya bisa mengikuti jejak menjadi asesor Uji kompetensi yang memiliki sertifikat resmi dari pusat LSP”, harap Mufrida

Winda Aprianti, M.Si menyampaikan bahwa skema pemantauan kompetensi yang diujikan secara tertulis dan praktek (observasi demonstrasi). “Tugas TUK Informatika Politala ini adalah memastikan kompetensi peserta. Peserta yang lulus di Uji kompetensi dinyatakan kompeten dan akan mendapatkan sertifikat berlogo Garuda Emas dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” demikian dosen Teknik Informatika dan juga menjadi Ketua Prodi Teknik Informatika menambahkan.

“Semoga Peserta  yang mengikuti tahun ini lulus semua uji kompetensinya, uji kompetensi yang diikuti menjadi bukti pembelajaran yang telah diikuti mahasiswa selama perkuliahan dan Uji kompetensi ini diharapkan juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi dosen2 untuk perbaikan pembelajaran bagi adik tingkatnya”, Harap Winda

“Semoga juga uji kompetensi ini memberikan nilai lebih bagi mahasiswa untuk mencari pekerjaan setelah lulus nantinya sedangkan Dosen dan Tenaga Kependidikan bisa digunakan sebagaimana mestinya”, imbuh Winda selaku Kaprodi Teknik Informatika (HumasPolitala)