Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Prodi Akuntansi sebagai Pemecah Sejarah Baru Bagi Politala Meraih Predikat yang Membanggakan dari BAN-PT

Politala- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau dikenal BAN-PT dalam visinya yakni menjadi lembaga akreditasi independen yang bermartabat, kredibel, dan akuntabel serta menjadi rujukan nasional dan internasional dalam mendukung terwujudnya sistem pendidikan tinggi yang unggul dan berkarakter. Dengan Hal BAN-PT wajib memberikan penilaian kinerja, penilaian pelayanaan dan Penilaian anggaran terhadap  Perguruan Tinggi  maupun Program Studi.

Program Studi Diploma III- Akuntansi merupakan Prodi terbaru yang didirikan di Politala  pada tahun 2017 mendapatkan kesempatan penilaian pada tahun 2019 oleh BAN-PT. Program Studi Diploma III Akuntansi  juga divisitasi pada tanggal 24-25 Juni 2019 di Politala. Dengan Hal tersebut seminggu setelah penilaian tersebut, maka sesuai Surat Keputusan BAN-PT pada tahun 2019 Program Studi Akuntansi sebagai Pemecah Sejarah Baru Bagi Politala. Prodi Akuntansi yang baru berumur kurang lebih 2 tahun  sudah bisa bersaing dan menyusul dengan prodi lainnya telah  meraih Predikat yang sangat membanggakan yakni Akreditasi “B”.

Penilaian BAN- PT Sebelumnya pada tahun 2014 Institusi Politeknik Negeri Tanah Laut mendapatkan Predikat Akreditasi “B”. Meraih predikat tersebut menjadi pemicu semangat bagi Civitas Akademika  Politala untuk terus bekerja dengan baik membangun citra di setiap Program Studi yang dimiliki Politala. Pada tahun 2017  Program Studi Teknologi Industri Pertanian terlebih dahulu memperoleh  predikat Akreditasi “B” dan disusul tahun 2018 Program Studi Mesin Otomotif dan Program Studi Teknik Informatika memperoleh Predikat Akreditasi “B”.

Predikat  yang membanggakan ini turut membawa kebanggaan tersendiri bagi Politala, dimana kampus yang berdiri sejak tahun 2009 tidak menyangka bisa berkembang dan maju dengan predikat semua program studi di Politeknik Negeri Tanah Laut  telah terakreditasi dengan predikat B.  Semoga dengan adanya predikat ini Masyarakat khususnya kabupaten Tanah Laut yang telah lulus SMA/ SMK/ MA sederajat bisa melanjutkan studi di Politeknik Negeri Tanah Laut. Semoga adanya prestasi yang diraih oleh semua Program Studi di Politala,  bisa memicu semangat Visitasi Intitusi yang diperkirakan pada tahun 2020 dengan meraih Akreditasi “A”.

Koordinator Prodi Akuntansi yakni Rina Pebriana, S.E., M.Comm saat ditemui mengatakan, “Hasil ini yang jelas belum final, masih banyak mutu dan standar yang harus ditingkatkan lagi dan meluluskan mahasiswa dengan lulusan yang kompeten dan semoga ini bisa mensupport cita- cita institusi untuk mencapai predikat “A”.

Direktur Politala Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian Prodi Akuntansi dan mendorong pengelola seluruh Prodi di politala yang sudah dahulu tercapainya Predikat Akreditasi agar semakin terpacu untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  sesuai unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi agar terwujudnya visi Politala yakni Menjadi Politeknik Unggulan dan Berdaya Saing Nasional pada Tahun 2021 (Becoming a Superior and National Competitive Polytechnik in 2021).

Prestasi dan pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim akreditasi prodi maupun dukungan pimpinan Politala, dukungan para stakeholder, mahasiswa bahkan alumni. Kiranya dengan pencapaian akreditasi ini dapat memberikan nilai tambah terhadap Politala pada umumnya dan Semua Prodi yakni DIII-Teknologi Industri Pertanian, DIII- Mesin Otomotif, DIII-Teknik Informatika dan DIII- Akuntasi  pada khususnya dalam rangka memuwujudkan pelayanan yang baik dan Prima bagi semua pihak terkhusus pada seluruh Civitas Akademika Politala. (DNA_HumasPolitala).