Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Dosen Politala mengikuti Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Politala- Pengembangan sistem pembelajaran program Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik Negeri Tanah Laut pada tahun akademik 2019/2020 menyelenggarakan program kegiatan Workshop Penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) bagi para dosen. Kegiatan ini mengacu tentang Evaluasi kualitas akademik dan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan KKNI. Secara khusus program ini ditujukan untuk memicu standar kualitas akademik dan kualitas SDM di tingkat Program Studi. Diperlukan pembimbingan dan pendampingan dari para ahli yang kompeten di dalam menyusun kerangka Rencana Pembelajaran Semester secara berkualitas dan memenuhi standar akademik. Melalui workshop ini diharapkan para dosen mendapat kemampuan dan penguasaan pengetahuan dari pakar yang kompeten di bidangnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada para mahasiswa, sekaligus memantapkan kurikulum dan kualitas Sumber Daya Manusia sesuai visi misi yang diharapkan.

Kegiatan yang diadakan di Ruang Pertemuan (Ruang Karet) gedung Prof. Dr. Muhammad Nuh, DEA (05/07). Selain Dosen yang mengikuti, juga turut hadir Direktur sekaligus membuka kegiatan workshop dan  juga dihadiri Seluruh Wadir.

Dalam sambutan Direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd mengatakan,”Semoga yang dirancang nantinya bisa digunakan dan sesuai standar dalam proses pembelajarannya”.

“Rancangan ini seharusnya sebelum memasuki kuliah tahun ajaran baru atau pergantian semester, agar proses pembelajaran secara maksimal di laksanakan dan lebih fokus”, pesan Mufrida kepada peserta workshop.

“Dosen harus memiliki bahan ajar juga yang di pegang terlebih dahulu walaupun sudah jaman serba teknologi yakni bahan ajar tersebut sudah di simpan melalui digitalisasi, karena Dosen nantinya harus ada laporan Dokumentasi yang dipegang”, Imbuh Pesan Mufrida yang  sekaligus Dosen Politala.

Kegiatan ini  diisi dengan pemateri Sukma Firdaus, S.Si., M.T juga sebagai Wakil Direktur I bidang Akademik. Beliau mengatakan, “Gambaran kurikulum politala berasas Surat Keputusan  Direkorat Jendral Pendidikan tinggi  dan Surat Keputusan KKNI  SK Dirjen Dikiti yakni berupa Pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus”.

“Pekerjaan Dosen itu menurut undang- undang yakni merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, menilai dan mengevaluasi dalam menempuh proses pembelajaran mata kuliah”, imbuh sukma

Sukma Firdaus kepada Dosen yang hadir dalam kegiatan mengatakan,“Tidak hanya pembelajaran saja tetapi capain pembelajaran matakuliah tidak hanya menjadi tanggung jawab Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan perumus kurikulum saja, karena capaian pembelajaran itu mempresentatifkan dari profil Lulusan yang harus di distribusikan melalui mata kuliah”. (HumasPolitala)

%d blogger menyukai ini: