Dosen Politala Lakukan Transfer Teknologi ke Masyarakat

Baru-baru ini,  tim dosen Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) yang terdiri dari Anton Kuswoyo,  Mufrida Zein,  Sukma Firdaus,  Marlia Adriana,  Nuryati, Jaka Darma Jaya dan Meldayanoor,  memberikan pelatihan tentang cara pembuatan ikan asap menggunakan alat pengasapan ikan berbasis Smoke Control System di Kelompok Petani Ikan Desa Telaga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.  Pelatihan ini sebagai bentuk hilirisasi hasil riset yang telah mereka lakukan selama satu tahun terakhir ini.  Sebelumnya tim dosen ini menciptakan alat pengasapan ikan berbasis Smoke Control System,  yang berfungsi untuk membuat ikan asap.  Bedanya alat ini dengan alat pengasapan ikan yang lainnya adalah alat ini dilengkapi sistem pengontrol asal (Smoke Control System)  sehingga proses pengasapan lebih optimal.

Kelompok Petani Ikan yang selama ini hanya menjual hasil budidaya ikan berupa ikan mentah,  melalui program diseminasi teknologi ini mereka dilatih untuk mengolah ikan terlebih dahulu sebelum dijual. Sehingga dapat meningkatkan keuntungan para pembudidaya ikan.

Pelatihan terdiri dari tiga sesi,  yaitu : Pertama pelatihan pembuatan ikan asap menggunakan alat pengasapan ikan berbasis Smoke Control yang disampaikan oleh Anton Kuswoyo,  Kedua adalah pelatihan pengemasan dan branding produk oleh Nuryati,  dan ketiga adalah pelatihan tentang teknik pemasaran dan pemetaan potensi usaha perikanan yang disampaikan oleh Marlia Adriana.

Anton Kuswoyo,  sebagai team leader kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan yang mendapat pendanaan dari Kementerian Riset,  Teknologi dan Pendidikan Tinggi,  melalui Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat,  Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat,  ini sangat penting guna melakukan transfer teknologi kepada masyarakat.  Dengan adanya transfer teknologi seperti ini diharapkan masyarakat lebih terberdayakan,  utamanya dalam hal peningkatan kesejahteraan.

Anggota kelompok petani ikan Desa Telaga yang terdiri dari Bapak-bapak,  Ibu-ibu,  dan pemuda sangat antusias mengikuti kegiatan diseminasi teknologi ini. Lebih-lebih di Tanah Laut,  ikan asap masih belum dikenal oleh masyarakat,  sehingga dengan munculnya usaha ikan asap ini menjadi terobosan baru dalam dunia usaha. Anton berharap,  kelompok petani ikan Desa Telaga menjadi pelopor ikan asap di Tanah Laut.

Direktur Politala,  Mufrida Zein,  dalam sambutannya mengatakan bahwa program diseminasi ini merupakan sinergi antara dunia pendidikan tinggi,  pemerintah daerah, dan masyarakat. Adanya sinergi ini tentu akan menghasilkan solusi terhadap berbagai masalah yang terjadi dalam masyarakat.

Memang,  diseminasi teknologi ini juga bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Laut.  Mengingat Dinas PMD juga mempunyai program pemberdayaan masyarakat desa dan penerapan Teknologi Tepat Guna.

Sehingga yang dilakukan oleh tim dosen Politala sejalan dengan program Pemerintah Daerah,  untuk bersama-sama memajukan kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”Humas Politala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *