DSC 0583Pada tahun akedemik 2017/2018 Politeknik Negeri Tanah Laut Menerima sebanyak mahasiswa 239 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa jurusan Teknik Informatika sebanyak 112 orang, mahasiswa baru jurusan Teknologi Industri Pertanian sebanyak 76 orang, mahasiswa baru jurusan Mesin Otomotif sebanyak 51 orang.

Sebagai mahasiswa baru tentunya perlu dibekali pengetahuan umum tentang Politeknik Negeri Tanah Laut dalam memasuki kehidupan kampus yang memerlukan kesiapan akademis, Psikologis dan, sosial.

IMG 7753

Ramadhan merupakan kesempatan yang tepat untuk saling berbagi dengan sesama, didalam bulan ini kita dianjurkan memperbanyak amal ibadah dan perbuatan baik lainnya. Mahasiswa Pencinta Alam Politeknik Negeri Tanah Laut (Mapala Politala) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Politeknik Negeri Tanah Laut yang berkecimpung pada bidang lingkungan hidup dan pelestariannya, akan tetapi kegiatan UKM ini tidak hanya berada di hutan dan kegiatan yang menguras fisik seperti yang disangkakan orang selama ini. Seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh UKM Mapala pada bulan Ramadhan ini, UKM Mapala mengadakan beberapa agenda dalam rangkaian kegiatan yang bertajuk “Keep Share on Ramadhan”.

Dalam kegiatan ini UKM Mapala berbagi ta’jil gratis kepada pengguna jalan yang melintas didepan kampus Politeknik Negeri Tanah Laut, kegiatan berbagi ta’jil gratis tersebut dilaksanakan pada hari sabtu (17/6) dan dimulai pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Dalam kegiatan ini UKM Mapala juga mengundang BEM, DPM dan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Politeknik Negeri Tanah Laut untuk turut berpartisipasi, setelah kegiatan berbagi ta’jil selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dengan seluruh anggota Ormawa di Saung UKM Mapala.

UKM Mapala sebagai bagian dari Ormawa Politeknik Negeri Tanah Laut juga melaksanakan kegiatan berbagi Paket Lebaran kepada warga kurang mampu di desa Panggung sebagai rangkaian kegiatan “Keep Share on Ramadhan”. Kegiatan berbagi Paket Lebaran ini yang dilaksanakan pada hari Jum’at (23/6) ini bekerjasama dengan Pemerintah Desa panggung sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan. Menurut Rahmad Hidayat, Ketua Umum UKM Mapala, kegiatan ini sebagai salah satu wujud rasa keinginan untuk saling berbagi, terus berbagi dan merupakan agenda positif UKM Mapala Politala, Menurutnya, wajah gembira dan rasa syukur terpancar jelas di wajah-wajah warga yang mendapatkan bantuan dari UKM Mapala Politala, hal ini pun turut membuat anggota UKM Mapala bersyukur dan berharap di tahun-tahun yang akan datang dapat melaksanakan kegiatan serupa dengan jumlah yang semakin besar (JM).

IMG 7732

IMG 7745

WhatsApp Image 2017 07 06 at 19.12.46 1

WhatsApp Image 2017 07 06 at 19.12.46

WhatsApp Image 2017 07 04 at 19.18.49

Panggung, Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) sebagai penyelenggara pendidikan Vokasi dan satu-satunya Perguruan Tinggi di Tanah Laut terus berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia yang siap terjun guna membangun daerah, hal ini sesuai dengan Renstra Politeknik Negeri Tanah Laut Tahun 2015-2019 yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tanah Laut dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing global.
Dalam rangka menjawab tuntutan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dengan kompetensi sesuai perkembangan teknologi penerapan akuntansi dan memiliki jiwa kewirausahaan, maka pada tahun 2017 Politeknik Negeri Tanah Laut membuka Program Studi (Prodi) baru yaitu D-III Akuntansi. Prodi D-III Akuntansi resmi dibuka setelah memperoleh ijin operasional dari kemenristekdikti berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 334/KPT/I/2017 tentang ijin Pembukaan Program Studi Akuntansi Diploma Tiga Politeknik Negeri Tanah Laut.
Mulai Tahun Akademik 2017/2018, Politala membuka satu program studi baru yaitu prodi D-III Akuntansi, penerimaan mahasiswa baru untuk program studi Akuntansi dibuka pada tanggal 05 s.d 20 Juli 2017. Bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan studi di Politeknik Negeri Tanah Laut silahkan mendaftar dengan cara datang langsung ke kampus Politala yang beralamat di Jl. Ahmad Yani KM.6 Desa Panggung. Untuk informasi yang lebih jelas bisa menghubungi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru melalui website : www.politala.ac.id atau akun sosial media (WhatsApp: 082256880101, BBM: D7D8BAF4, Line: info_politala, Instagram: politala)
Profil lulusan prodi D-III Akuntansi mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar dan prinsip akuntansi yang berlaku umum yaitu SAK (standar Akuntansi Keuangan Indonesia) dan  IFRS (Standar Akuntansi Keuangan Internasional) serta menganalisis laporan keuangan berdasarkan rasio-rasio keuangan, mampu melaksanakan audit laporan keuangan dan membuat kertas kerja audit serta mampu merancang dan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi. Prospek profil profesi lulusan adalah sebagai pelaksana atau penyelia laporan keuangan, audit junior, perpajakan, penganggaran keuangan di bidang industri, perusahaan jasa dan dagang, serta instansi pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah khususnya (JM).

 

IMG 7587Panggung, pada hari Senin sampai dengan Kamis (19-22/6) Politeknik Negeri Tanah Laut melaksanakan kegiatan Workshop penyusunan Standard Operating Procedure (SOP). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) Politeknik Negeri Tanah Laut ini bertujuan untuk memantapkan langkah menuju Visi Politala yaitu menjadi Politeknik yang Terdepan dalam Pengembangan Ilmu, Teknologi dan Industri dengan membangun profil kerja yang memiliki integritas, produktivitas dan mampu bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan yang prima.

Kegiatan penyusunan dan implementasi SOP memerlukan partisipasi seluruh dosen dan tenaga kependidikan Politala. sehingga kegiatan ini juga melibatkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan, hal ini dikarenakan mereka lah yang paling mengerti dengan kondisi yang ada ditempat atau unit kerja masing-masing.

Kegiatan Workshop penyusunan SOP diawali pada hari senin dengan agenda penyampaian Visi dan Misi Politala oleh Direktur Politala, Penyampaian Statuta Politala oleh Ketua Senat, Penyampaian Renstra Politala oleh Wakil Direktur bidang Akademik dan penyampaian OTK Politala oleh Wakil Direktur bidang Umum dan Keuangan serta Penyampaian Kebijakan Mutu SPMI Politala Oleh Kepala P4MP. kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan perubahan kinerja yang lebih baik di lingkungan Politala.

Pada hari selanjutnya kegiatan diisi dengan perumusan standar, pembahasan standar dan pembuatan SOP oleh masing-masing unit di Politala dengan didampingi beberapa fasilitator dari Politala, SOP yang telah dirumuskan selanjutnya dipresentasikan kepada seluruh peserta untuk meminta masukan kepada seluruh peserta. SOP sendiri merupakan serangkaian instruksi tertulis yang telah dibakukan mengenai berbagai proses atau langkah kegiatan. Sehingga dengan adanya SOP ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan, mengurangi kelalaian dan kesalahan serta akuntabilitas pekerjaan yang terstandarisasi (JM).

IMG 7592IMG 7609

IMG 7606IMG 7655

IMG 7489POLITALA, Selasa 06 Juni 2017, dalam rangka menciptakan akuntabilitas kinerja di Politeknik Negeri Tanah Laut, telah dilaksanakan audit kinerja oleh Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dalam hal ini menugaskan kepada Dr. Yohanes Indrayono. AK., MM,CA sebagai Penanggung Jawab, Dr. Salwin M.D.,M.Pd sebagai pengendali Mutu, Yudha Adi Prakasa, SE sebagai Ketua Tim, Muhamad Asrul, Danny E. Waimbo, SE., M.Si, Taufik Kurrohman, SE., MSA., Ak.,CA.QIA, dan Dhini Suryandari, SE., M.Si., Ak sebagai Anggota Tim.

POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
Jl. A. Yani Km.06 Desa Panggung
Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut
Kalimantan Selatan 70815
Telp/Fax  : (0512) 2021065
email : mail@politala.ac.id 

Copyright © 2017 Politeknik Negeri Tanah Laut. Diperbolehkan menyalin artikel selama mencantumkan sumbernya.

Search