REAKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

IMG 6819Pada hari selasa (9/5) sampai dengan hari kamis (11/5), tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diwakili oleh Dr. Ir. Nurheni Sri Pahlupi, M.Si dari Institut Pertanian Bogor dan Dr. Mirwan Ushada, S.TP., M.App. Life. Sc dari Universitas Gajah Mada melakukan asesmen lapangan program studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Politeknik Negeri Tanah Laut. Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap dari proses akreditasi untuk memverifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam borang serta melakukan penilaian lapangan di Institusi atau program studi yang mengajukan akreditasi.


Seperti diketahui bersama bahwa sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri atas sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang dikembangkan oleh perguruan tinggi dan sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) yang dilakukan melalui akreditasi. Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian mutu institusi atau program studi yang dilakukan BAN-PT yang mengacu pada standart nasional pendidikan tinggi, sehingga institusi atau program studi tersebut dinilai layak untuk menyelenggarakan program-programnya. Sebelumnya program studi Teknologi Industri Pertanian telah melakukan akreditasi pada tahun 2012 dan berlaku sampai dengan tahun 2017, sehingga perlu dilakukan reakreditasi pada program studi ini untuk memberikan jaminan bahwa prodi TIP telah memenuhi standart mutu yang ditetapkan BAN-PT.
Fokus evaluasi dan penilaian dalam asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor adalah standar dan elemen penilaian/parameter sesuai dengan bidang tugas masing-masing, yaitu (1) Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, (3) Mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber daya manusia, (5) Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, (6) Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi dan (7) Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Pada asesmen lapangan ini tim asesor dari BAN-PT tidak hanya melakukan asesmen lapangan tetapi juga memberikan masukan dan saran yang membangun yang bertujuan untuk kemajuan program studi Teknologi Industri Pertanian. Sehingga harapan kita bersama program studi Teknologi Industri pertanian bisa mendapatkan akreditasi yang lebih baik dari sebelumnya. (Jupri/humaspolitala).

IMG 6845

IMG 6763

IMG 6756

POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
Jl. A. Yani Km.06 Desa Panggung
Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut
Kalimantan Selatan 70815
Telp/Fax  : (0512) 2021065
email : mail@politala.ac.id 

Copyright © 2017 Politeknik Negeri Tanah Laut. Diperbolehkan menyalin artikel selama mencantumkan sumbernya.

Search