RAMADHAN DI POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

WhatsApp Image 2017 06 11 at 23.17.53“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

POLITALA, Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan, diantara keutamaan bulan ramadhan adalah dilipatgandakan amal sholeh, puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap orang-orang yang beriman, puasa sepatutnya tidak menjadikan kita malas dalam bekerja, justru hendaknya momentum ramadhan kita jadikan sebagai ladang amal dengan bekerja secara maksimal sebagai amal ibadah disamping ibadah-ibadah lainnya. Demikian pula di Politeknik Negeri Tanah Laut, ibadah puasa dibulan ramadhan tidak mengurangi semangat dan kinerja serta kegiatan belajar mengajar di Politeknik Negeri tanah Laut, bertepatan dengan bulan ramadhan ini, mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut sedang menjalani Ujian Akhir Semester Genap tahun 2016-2017, pada saat ini juga telah berlangsung audit kinerja dari Inspektur Jenderal kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan selama sebelas hari terhitung mulai tanggal 5 s.d 15 Juni 2017, rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru seperti tes kesehatan dan penerimaan Jalur Mandiri juga masih berlangsung di Politeknik Negeri Tanah Laut .

Menurut beberapa Tenaga Kependidikan Politala, puasa adalah momentum untuk melatih kesabaran dan memperbanyak amalan ibadah termasuk bekerja, hal ini berdasarkan salah satu hadist yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim, barang siapa yang pada bulan ramadhan ini mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan ramadhan, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya.

Dalam rangka mengisi bulan ramadhan, meningkatkan silaturahmi dan menambah pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan, Politeknik Negeri Tanah Laut mengadakan kegiatan Kultum yang dilaksanakan setelah sholat Dzuhur di Musholla Politeknik Negeri Tanah Laut, adapun kultum tersebut dihadiri oleh jamaah sholat dzuhur yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut. Sebagai pengisi materi kultum adalah dosen dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri tanah Laut secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dengan dilaksanakan kegiatan kultum tersebut diharapkan dapat mengisi kegiatan dibulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat dan bernilai ibadah, kultum diharapkan juga dapat mempererat tali silaturahmi dan wahana saling belajar dan mengintropeksi pribadi masing-masing (JM).

WhatsApp Image 2017 06 11 at 23.17.54WhatsApp Image 2017 06 11 at 23.17.531

POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
Jl. A. Yani Km.06 Desa Panggung
Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut
Kalimantan Selatan 70815
Telp/Fax  : (0512) 2021065
email : mail@politala.ac.id 

Copyright © 2017 Politeknik Negeri Tanah Laut. Diperbolehkan menyalin artikel selama mencantumkan sumbernya.

Search