Politeknik Tanah Laut (Politala) merupakan sebuah perguruan tinggi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tuntung Pandang Berseri Pelaihari bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Pendirian Politala merupakan wujud keinginan dan kesepahaman bersama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang melihat kenyataan bahwa di daerah ini sangat membutuhkan sebuah perguruan tinggi dengan mempertimbangkan berbagai aspek, antara lain

(1) jumlah lulusan SLTA yang setiap tahunnya berkisar antara 1.800—2.000 orang siswa,

(2) semakin kritisnya kondisi alam akibat industri tambang, dan

(3) semakin banyaknya berdiri perusahaan yang bergerak di bidang industri.

Proses perintisan pendirian perguruan tinggi di Kabupaten Tanah Laut sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2006 dengan melibatkan Pemerintah Daerah, Dewan Pendidikan, Dunia Usaha dan Industri, dan tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Tanah Laut. Akan tetapi, karena berbagai kendala teknis, baru pada penghujung tahun 2008 usaha tersebut tampak mulai membuahkan hasil setelah beberapa kali pengajuan usul pendirian ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional (Ditjen Dikti Kemdiknas) dengan proposal yang berbeda. Kemudian, berdasarkan hasil studi kelayakan di lapangan, akhirnya dapat ditentukan bentuk dan jenjang perguruan tinggi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah. Sejak itu, maka disepakatilah Politeknik Tanah Laut (Politala) sebagai pilihan utama.

Setelah segala persyaratan administratif terpenuhi, pengajuan usul pendirian Politala kemudian mendapatkan respon yang positif dari pihak Ditjen Dikti Kemdiknas dengan mengeluarkan Izin Operasional Pendidikan bertanggal 25 September 2009. Setelah resmi mendapatkan izin dari Pemerintah, penerimaan mahasiawa pun dibuka dengan tiga program studi (prodi), yaitu Prodi Teknik Informatika (TI), Teknologi Industri Pertanian (TIP), dan Mesin Otomotif (MO). Pembukaan ketiga prodi tersebut dimulai sejak tanggal 4 Agustus 2009 dengan jumlah mahasiswa tahun pertama (Tahun Akademik 2009/2010) sebanyak 110 orang. Adapun sumber dana operasional pada tahun pertama tersebut berasal dari biaya pendaftaran dan SPP mahasiswa semester pertama, sumbangan Dunia Usaha dan Industri, dan hibah dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
Jl. A. Yani Km.06 Desa Panggung
Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut
Kalimantan Selatan 70815
Telp/Fax  : (0512) 2021065
email : mail@politala.ac.id 

Copyright © 2017 Politeknik Negeri Tanah Laut. Diperbolehkan menyalin artikel selama mencantumkan sumbernya.

Search