Politeknik Negeri Tanah Laut

Informasi Publik

Sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Politeknik Negeri Tanah Laut  sebagai salah satu badan publik kategori Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dituntut untuk transparan dan akuntabel dalam hal penyediaan informasi yang dibutuhkan oleh publik apalagi dengan dikeluarkannya Peraturan Menristekdikti No. 75 tahun 2016 tentang Layanan Informasi Publik.
Untuk mengimplementasikan hal tersebut di atas, Politeknik Negeri Tanah Laut  merasa perlu segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), selanjutnya sebagai PPID pelaksana yang bertugas mengidentifikasi layanan informasi publik. Pada dasarnya informasi mengenai Politektenik Negeri Tanah Laut dapat diakses dari laman web resmi www.politala.ac.id.  Untuk informasi lain yang belum dimunculkan di web resmi Politeknik Negeri Tanah Laut, publik dapat mengajukan permintaan melalui melalui surat yang dikirim langsung atau dengan cara lain yang sesuai dengan peraturan ke PPID Politeknik Negeri Tanah Laut yang secara umum tanpa dikenai biaya kecuali bila ditentukan lain.
Informasi mengenai regulasi dapat anda dapatkan pada laman Komisi Informasi, dokumen regulasi pemerintah mengenai keterbukaan informasi publik bisa anda lihat pada tautan ini.
Dasar Hukum Pelayanan Informasi Publik:
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Politeknik Negeri Tanah Laut secara rutin akan mempublikasikan segala informasi melalui laman politala.ac.id. Kebanyakan informasi yang ada dapat diakses dan diunduh secara cuma-cuma dari laman ini. Mengenai informasi lain yang tidak tersedia, publik dapat memintanya dengan cara membuat permintaan secara tertulis ke bagian Humas Politala melalui surat yang dikirim langsung, faks maupun surat elektronik / email yang selanjutnya akan ada pemberitahuan.
  • Struktur Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Politala
  • Visi Misi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Politala
 

Informasi Publik Yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala

TATA CARA PENGADUAN
  1. Pemohon dapat melakukan pengaduan penyalahgunaan atau pelanggaran di perguruan tinggi melalui surat, email, telepon, atau datang langsung ke tempat layanan PPID.
  2. Petugas akan mencatat permohonan yang disampaikan.
  3. Pemohon akan menerima tanda bukti penerimaan laporan penyalahgunaan atau pelanggaran dari petugas (apabila datang langsung ke layanan PPID), melalui email balasan, atau jawaban atas diterimanya pengaduan tersebut via elepon.
  4. Petugas akan memproses pengaduan sesuai dengan disposisi pimpinan atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kontak Pengaduan:
Ketua PPID
Politeknik Negeri Tanah Laut
Jl. Ahmad Yani Km. 06 Desa Panggung Kalimantan Selatan
Telp : +0512 2021065
Surel : mail@politala.ac.id
 

Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat

  • Formulir permohonan informasi publik [KLIK DISINI]

  • SOP Permohonan informasi publik [UNDUH]

TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK MELALUI PPID
  1. Pemohon Informasi Publik mengajukan permohonan informasi publik kepada PPID Politeknik Negeri Tanah Laut, baik melalui telepon, surat, email, ataupun datang langsung
  2. Pemohon mengisi Formulir Layanan Permohonan Informasi yang antara lain berisi latar belakang Pemohon dan latar belakang permohonan informasi
  3. Pemohon Informasi Publik meminta tanda bukti bahwa telah melakukan permintaan informasi disertai nomor pendaftaran permintaan
  4. PPID Politeknik Negeri Tanah Laut melakukan koordinasi internal untuk menjawab permintaan informasi publik
  5. Pengelola Layanan Informasi menyampaikan jawaban secara tertulis kepada Pemohon Informasi
  • Formulir keberatan atas permohonan informasi publik[KLIK DISINI]

  • SOP Keberatan atas permohonan informasi publik [UNDUH]

TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN ATAS PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan PPID Politeknik Negeri Tanah Laut berdasarkan alasan dengan tahapan sebagai berikut : Tahap 1
  • Keberatan diajukan kepada atasan PPID Politeknik Negeri Tanah Laut dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja dengan mengemukakan alasan
  • Atasan PPID Politeknik Negeri Tanah Laut harus memberikan tanggapan atas pengajuan keberatan tersebut paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis.
  • Apabila atasan PPID menguatkan putusan yang ditetapkan bawahannya maka alasan tertulis disertakan bersama tanggapan tersebut
  • Jika pengaju keberatan puas atas putusan Atasan PPID, maka sengketa keberatan selesai.
  • Jika pengaju keberatan Informasi Publik tidak puas atas tanggapan Atasan PPID, maka penyelesaian sengketa Informasi Publik dapat diajukan kepada Komisi Informasi Pusat
Tahap 2 Penyelesaian Sengketa Informasi Publik kepada Komisi Informasi Pusat dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Pengajuan Sengketa Informasi Publik ke Komisi Informasi diajukan dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari Atasan PPID yang tidak memuaskan Pemohon Informasi Publik
  • Dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya permohonan penyelesaian Sengketa Informasi Publik, Komisi Informasi harus mulai melakukan proses penyelesaian sengketa melalui mediasi, paling lambat 100 (seratus) hari kerja
  • Jika pada tahap mediasi dihasilkan kesepakatan, maka hasil kesepakatan mediasi tersebut ditetapkan oleh Putusan Komisi Informasi
  • Apabila upaya mediasi dinyatakan tidak berhasil secara tertulis oleh salah satu pihak atau para pihak yang bersengketa menarik diri dari perundingan, maka Komisi Informasi melanjutkan proses penyelesaian sengketa melalui ajudikasi
TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN ATAU PELANGGARAN DI PERGURUAN TINGGI
  1. Pemohon dapat melakukan pengaduan penyalahgunaan atau pelanggaran di perguruan tinggi melalui surat, email, telepon, atau datang langsung ke tempat layanan PPID.
  2. Petugas akan mencatat permohonan yang disampaikan.
  3. Pemohon akan menerima tanda bukti penerimaan laporan penyalahgunaan atau pelanggaran dari petugas (apabila datang langsung ke layanan PPID), melalui email balasan, atau jawaban atas diterimanya pengaduan tersebut via elepon.
  4. Petugas akan memproses pengaduan sesuai dengan disposisi pimpinan atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  Kontak Pengaduan: Ketua PPID
Politeknik Negeri Tanah Laut
Jl. Ahmad Yani Km. 06 Desa Panggung Kalimantan Selatan
Telp : +0512 2021065
Surel : ppid@politala.ac.id
Contoh tanda bukti penerimaan permohonan informasi publik [UNDUH]
WAKTU PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
  • SENIN-KAMIS pukul 08.30 - 15.30 WITA (istirahat 12.00 - 13.30)
  • JUM'AT pukul 08.30 - 15.30 WITA (istirahat 11.30 - 13.30)
Gedung TIP Lt. 1
Politeknik Negeri Tanah Laut
Telp : 0512 2021065
Surel : mail@politala.ac.id