Politeknik Negeri Tanah Laut

Tujuan dan Sasaran

Tujuan 

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berakhlak mulia, mandiri, mempunyai kemampuan dan keterampilan, kreatif serta inovatif dalam bidang keahliannya (excellent).
  2. Memperoleh produk Unggulan, yang berdaya guna dan berorientasi pada pencitraan ilmiah (Scientific Branding), serta adanya kemanfaatan di masyarakat.
  3. Mempercepat dan memudahkan dalam pelayanan serta adanya lompatan perubahan sistem yang terintegrasi (integrated system).
  4. Dalam rangka peningkatan kepercayaan (trust) pada pemasaran lulusan, sehingga tidak hanya menghasilkan output tetapi sampai pada outcome, yang berdaya saing (Competitive).
  5. Memenuhi daya tampung dan peningkatan serta pengembangan kapasitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

 

Sasaran Strategis

  1. Meningkatnya lulusan yang mempunyai kompetensi (hardskill dan softkill) yang mempunyai nilai-nilai etika, integritas dan akhlak mulia.
  2. Terserapnya lulusan yang baik di dunia usaha, dunia kerja, dan pemerintahan, dengan melalui kompetisi yang terstandar.
  3. Terciptanya lulusan mandiri melalui pembukaan lapangan kerja sendiri dan kemitraan, dan membuka usaha ekonomi kreatif, dan kewirausahaan yang mampu berinovas.
  4. Meningkatnya keahlian dan kemampuan dosen dalam membuat proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatnya penelitian terapan inovatif yang dapat diimplementasikan dalam pengabdian dan penerapan hasil riset terapan bagi masyarakat.
  6. Terlaksananya penelitian dan pengabdian yang berberbasis pada science dan techno park.
  7. Meningkatnya penggunaan fasilitas layanan umum dan pendukung pendidikan pada seluruh bidang, dengan dukungan sistem komunikasi dan teknologi informasi guna mempercepat segala bentuk layanan institusi.
  8. Terwujudnya sistem yang terpadu (integrated system) melalui program aplikasi yang mudah, cepat, tepat dan akurat.
  9. Terwujudnya suatu organisasi dan tatakelola institusi yang efesien, efektif dan akuntabel serta transparan.
  10. Meningkatnya kerjasama dengan pihak dunia usaha dan industri serta instansi pemerintahan dengan konsep saling menguntungkan guna meningkatkan pemasukan institusi, baik pada bidang penelitian, pengabdian masyarakat.
  11. Terlaksananya kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi baik secara nasional maupun internasional, baik dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maupun pertukaran dosen dan mahasiswa.
  12. Terwujudnya jaringan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melalui komunitas-komunitas nasional maupun internasional.
  13. Meningkatnya kapasitas sarana dan prasarana, peralatan, perlengkapan serta fasilitas pendukung, untuk memperluas daya tampung dan akses pelaksanaan tridarma.
  14. Terwujudnya kampus hijau yang ramah lingkungan, melalui penanaman pohon yang asri dan rindang dengan penataan dan tanaman perkebunan, yang berkonsentrasi pada kekhasan teaching industry dan teaching factory bidang teknologi industri pertanian.
  15. Terpeliharanya seluruh aset seperti : gedung, workshop, laboratorium, fasilitas dan peralatan pembelajaran lainnya melalui pengamanan sistem yang terpadu.