Politeknik Negeri Tanah Laut

Berita

Jurusan Teknologi Industri Pertanian di Politala bekerja sama PT Arutmin Indonesia dalam program Pengabdian kepada masyaraka di Kintap

Politala- Sambutan hangat warga Lingkar Tambang merupakan warga yang tinggal di sekitar tambang menyambut kedatangan rombongan tim Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut membina Desa. Warga ini juga binaan oleh CSR PT Arutmin Indonesia untuk menanam serai, lalu PT Arutmin Indonesia memfasilitasinya dengan menyediakan penyulingan untuk memperoleh minyak atsiri serai wangi. Maka dalam hal ini, PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap bekerjasama dengan Politeknik Negeri Tanah Laut dalam pengabdian yang bertema “Pelatihan Produk Turunan Minyak Atsiri Serai Wangi” .

Tim Jurusan Teknologi Industri Pertanian yang diwakili oleh  Dwi Sandri, S.Si., MP, M.Indra Darmawan, S.TP., M.Sc. , Mariatul Kiptiah, S,Sos. , M.Si., Adzani Ghani I, S.Si., M.Si. , Faridah, A.Md, dan Susilowati, A.Md untuk melakukan pembimbingan kepada peserta dalam pembuatan produk turunan minyak atsiri serai wangi, yaitu sabun transparan, sabun buram, dan lilin aromaterapi, serta melakukan analisis kelayakan usaha untuk ketiga produk tersebut. Peserta pengabdian masyarakat merupakan warga lingkar tambang  yang berasal dari Desa Sejahtera Mulia, Desa Kebun Raya, Desa Bukit Mulia, dan Desa Sumber Jaya. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 13-14 Juli 2019.

Dalam sambutan M.Indra Darmawan, S.TP., M.Sc. salah satu perwakilan tim Jurusan Teknologi Industri Pertanian mengatakan “Pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Tanah Laut. Melalui kerjasama ini, maka akan terbentuk sinergitas antara kampus, industri, dan masyarakat. Hal ini bagus, semoga bisa terus dilaksanakan”.

Peserta pada kegiatan ini sangat antusias, mereka mencoba membuat semua produk sesuai arahan dari tim pengabdian. Setelah kegiatan ini selesai, peserta dapat membawa seluruh produk buatan mereka dan merasa senang serta puas atas keberhasilan produk yang telah dibuat.

Pada acara penutupan Taufik salah satu perwakilan warga berharap kegiatan ini terus berlanjut, “Semoga harmonisasi kita terus berlanjut dan bisa selalu membuat kegiatan positif lainnya”. (humasPolitala)

%d blogger menyukai ini: