Back

Dalam Rangkaian Hari Pendidikan Nasional Politala Selenggarakan Seminar Nasional

Politala – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Politeknik Negeri Tanah Laut menggelar rangkaian kegiatan Expo Kampus yang berlangsung meriah sejak tanggal 14 hingga 16 Mei 2024. Salah satu acara dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah Seminar Nasional dengan tema “Peluang dan Tantangan Pengembangan Politeknik Negeri Tanah Laut Menjadi Universitas Sains Terapan”.

Seminar yang digelar di aula Gedung kuliah terpadu Muhammad Arsyad Al-Banjari ini menghadirkan sejumlah pembicara terkemuka yaitu Dr. Sihabbudin Chalid, M.M.Pd dan juga Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, M.S. Seminar ini juga dihadiri langsung oleh PJ. Bupati Kabupaten Tanah Laut H. Syamsir Rahman, serta Founding Father Politala yaitu Drs. H. Adriansyah. Tidak lupa pula perwakilan dunia industri, kepala dinas di lingkungan pemkab tanah laut serta kepala SMA/ SMK se kabupaten Tanah Laut.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Dr. Hj. Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd,  menyampaikan hari ini kita berkumpul untuk menjelajahi jalan yang menarik menuju transformasi Politeknik Negeri Tanah Laut  menjadi institusi pendidikan tinggi yang lebih luas, yang tidak hanya fokus pada pendidikan praktis tetapi juga memiliki penekanan yang kuat pada sains terapan. Tema seminar kita hari ini mencerminkan semangat inovasi dan adaptasi di tengah-tengah perubahan dinamis dalam dunia pendidikan.

Direktur juga menambahkan, Politeknik Negeri Tanah Laut dengan fokusnya pada pendidikan teknis dan keterampilan praktis, telah menjadi pilar penting dalam mencetak tenaga kerja yang berkualitas dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan industri. Namun, dengan berkembangnya tuntutan pasar dan kemajuan teknologi, ada tantangan dan peluang baru yang harus dihadapi oleh politeknik dalam mengambil langkah maju menjadi universitas sains terapan. Seminar hari ini juga akan menjadi forum penting untuk berbagi ide, pengalaman, dan strategi dalam menghadapi peluang dan tantangan. Melalui diskusi yang terbuka dan kolaborasi antara peserta, diharapkan kita dapat mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk memajukan peran Politeknik Negeri Tanah Laut dalam mendukung pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan dan penelitian sains terapan.

Sementara itu, PJ. Bupati Kabupaten Tanah Laut, H. Syamsir Rahman dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa keberhasilan Politala sampai saat ini tidak terlepas dari peran semua pihak, terutama para Founding Father yang berawal dari mimpi untuk adanya Politala ini, dan mimpi tersebut diwujudkan sehingga lahirlah Politeknik Negeri Tanah Laut yang merupakan kampus kebanggan Kabupaten Tanah Laut khususnya dan provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya, karena saat ini Politala berada pada peringkat 5 Nasional dari seluruh Politeknik yang ada di Indonesia.

Expo Kampus Politeknik Negeri Tanah Laut sendiri tidak hanya menampilkan seminar, tetapi juga berbagai kegiatan lain seperti pameran inovasi mahasiswa, lomba keterampilan bakat, dan juga pertunjukkan seni mahasiswa. Semua kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara pendidikan vokasi dan kebutuhan industri, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan bakat dan kompetensinya.

Dengan tema “Peluang dan Tantangan Pengembangan Politeknik Menjadi Universitas Sains Terapan”, seminar nasional ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam upaya transformasi pendidikan vokasi di Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Politeknik Negeri Tanah Laut sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas tinggi dan siap bersaing di era globalisasi. Hms_Politala