Back

Politala Laksanakan Penandatanganan Kerja Sama dan Kuliah Umum Bersama Badan Pusat Statistik

Politala – Langkah signifikan telah diambil oleh Politeknik Negeri Tanah Laut dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Laut dalam memperkuat kemitraan strategis mereka. Hari ini, 8 Mei 2024 dalam sebuah rangkaian acara peresmian Pojok Statistik yang diadakan di Politala, kedua lembaga menandatangani perjanjian kerjasama yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan kelembagaan dan kualitas data statistik di daerah.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Ibu Dr.Hj.Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd, dan Kepala BPS Kabupaten Tanah Laut, Bapak Siswo Widjanarko, M.SE, M.Sc. serta di dsaksikan langsung oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Martin Wibisono, SST, M.Si.

Dalam sambutannya, Bapak Martin Wibisono, SST, M.Si menyatakan, “Perjanjian kerjasama ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat kapasitas dan kemampuan kita dalam menghasilkan data statistik yang berkualitas. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan pemanfaatan data statistik untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di tingkat daerah.”

Sementara itu, Bapak Martin Wibisono, SST, M.Si, juga menambahkan, beliau takjub dan kagum dengan pojok statistic yang ada di Politala karena tampilannya yang megah, luas dan tepat berada dekat dengan akses pintu masuk dan layanan satu pintu sehingga memudahkan Masyarakat maupun seluruh sivitas akademika untuk berkunjung ke pojok statistik ini. Bapak Martin  Wibisono juga menyampaikan bahwa sesuai dengan slogan yang dimiliki oleh BPS yaitu penyedia jasa statistic berkualitas untuk Indonesia maju, maka kami berharap dengan adanya Pojok Statistik dan juga perjanjian Kerjasama Politala dengan BPS ini bisa membantu mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing dan tentunya bisa membawa statistic lebih dekat ke para penggunanya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Ibu Dr.Hj.Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd, menyampaikan perasaannya yaitu merasa senang atas kepercayaan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan yang telah mempercayakan kepada Politala untuk menempatkan Pojok Statistik, yang baru saja kita resmikan di  Lantai Ground tadi, dan juga penandatangan Kerjasama antara Politala dengan BPS Kabupaten Tanah Laut, semoga ini akan bermanfaat, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Kantor BPS Provinsi KalSel dan juga BPS Kabupaten Tanah Laut.

Direktur juga menyampaikan, statistik, sebagai ilmu yang menjadi tiang penopang dalam penelitian, pengembangan, dan pengambilan keputusan, memiliki peran yang semakin penting di berbagai bidang kehidupan. Dari ilmu sosial hingga ilmu eksak, dari bisnis hingga ilmu kedokteran, statistik menjadi fondasi utama dalam menyusun argumentasi yang kuat, memahami fenomena, dan merumuskan kebijakan yang efektif. Dengan dibukanya pojok statistik ini, kami percaya bahwa kampus kita telah menandai komitmen yang kuat untuk mendukung pengembangan ilmu statistik. Pojok ini bukan hanya menjadi tempat untuk belajar dan mengembangkan pemahaman tentang statistik, tetapi juga menjadi simbol nyata dari upaya kita untuk mempersiapkan generasi masa depan yang mampu menghadapi tantangan kompleks dengan landasan ilmu yang kuat.

Acara di akhiri dengan kuliah umum dari Badan Pusat Statistik dengan tema yaitu Sinergitas dan Kolaborasi Dunia Akademisi dan Penyelenggara Statistik Negara. Hms_Politala