Politala merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Vokasi yang berada di Tanah Laut selalu berupaya mencari bibit melalui lulusan SMA/SMK/MA  Kabupaten Tanah Laut. Lulusan Kabupaten Tanah Laut per tahunnya mencapi 3000an siswa ini, diharap bisa menjadi bagian di Politala untuk menggapai tujuan bersama membangun Daerah. Selain Lulusan daerah,  Politala juga  mengharapkan lulusan daerah  lainnya bisa bergabung dan menjadi bagian dari Politala.

Politala juga terus mengembangkan Fasilitas Pembelajaran dan  selalu menjalin kerjasama dengan Perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri. Bahkan Politala juga menjalin  Kerjasama Perusahan ternama yang ada di daerah ataupun luar daerah untuk bisa menampung Mahasiswa  untuk bisa praktek kerja lapangan dan mengharapakan bisa menampung lulusan alumni Politala. Politala selalu mendidik mahasiswa untuk siap berpikir dan  menerima tantangan maupun menjadikan lulusan siap kerja.

Oleh Karena itu Politala mengambil kesempatan pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 yakni  jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) yang  dibuka  pendaftaran serentak  tanggal  6 Januari 2020 berakhir sampai dengan 6 Maret 2020. Jalur penerimaan  ini merupakan dukungan dan kerjasama antar   Politeknik Negeri Se-Indonesia  untuk menjaring  mahasiswa yang akan masuk  dibidang  Vokasi. Demi memudahkan siswa sekolah dalam pendaftaran,  Pendaftaran ini dibuka secara online , tanpa dipungut biaya (gratis) dan Tanpa Tes  tertulis. diharapkan pendaftaran bisa menjaring lulusan siswa SMA/SMK/ MA tahun 2020.

Penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 untuk Politeknik Se Indonesia ini  harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu.

Pendaftaran tahap pertama yakni jalur SNMPN ini diharapakan dapat menjaring lulusan terbaik dari seluruh sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Tanah Laut dan memberi kesempatan bagi lulusan yang nantinya ingin melanjutkan studinya. Ada banyak keuntungan yang akan didapat oleh pendaftar SNMPN dan memiliki prestasi akademik maupun akademi, diantaranya akan mendapat kesempatan sangat besar untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri khususnya di Politeknik Negeri Tanah Laut.

Maka dari itu setiap tahun Politala selalu menjalin kerjasama antar sekolah agar sekolah masing masing ini untuk bisa memilihkan dan memotivasi anak didiknya agar selalu tingkatkan jenjang pendidikannya lebih tinggi. Maksud dan tujuan tersebut bisa mengangkat perguruan tinggi daerah ini menjadi lebih baik untuk menjadi pilihan anak didik di masing masing sekolahan. Politala mengharapan Sekolahan lah bisa mengarahkan anak didiknya untuk kuliah di Politala.

Pendaftaran online sangat mudah untuk sekolahan karena ketika sekolah menerima undangan disetiap politeknik maka sekolah tinggal memasukan data rekomendasi siswa yang akan mengikuti pendaftaran jalur SNMPN. Setelah merekomendasikan siswanya, siswa akan mendapatkan user dan password untuk mendaftar di Politeknik yang dituju. Di Menu pendaftaran juga terdapat menu beasiswa untuk calon mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Diharapkan setiap sekolah dan siswa yang mendaftar harap diteliti terlebih dahulu sebelum finalisasi agar tidak ada kesalahan ketika mendaftar. Laman Pendaftaran SNMPN yakni snmpm.politeknik.or.id sedangkan Laman Persyaratan bisa dibuka pmb.politala.ac.id/jalur-snmpn

Besar dan harapan anda yang  lulusan SMA/ SMK/MA tahun 2020 bisa menjadi bagian dari Politeknik Negeri Tanah Laut. Tidak Perlu diragukan Lagi Politala memang terdepan, masa depan anak kita PASTI (Profesional, Aplikatif, SiapKerja, Terampil, Inovatif),  Politala Be a Winner. (HM_Politala)