Back

Politala Selenggarakan Upacara Hardiknas 2024 dengan Busana Adat

Politala – Kamis 2 Mei 2024, Politeknik Negeri Tanah Laut merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan semangat yang luar biasa. Acara yang diselenggarakan di lapangan kampus ini menjadi momen penting bagi seluruh civitas akademika untuk merayakan arti penting pendidikan bagi bangsa Indonesia.

Tema dari perayaan kali ini adalah ‘Menghargai Kearifan Lokal Melalui Pendidikan’. Dalam rangkaian acara tersebut, Politeknik Negeri Tanah Laut mengambil inisiatif yang sangat kreatif dan menginspirasi dengan memilih untuk mengenakan busana adat sebagai simbol penghormatan terhadap budaya lokal.

Para dosen, staf administrasi, dan mahasiswa berkumpul di lapangan kampus dengan berbagai jenis pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari kebaya, baju bodo, sampai dengan pakaian adat suku-suku yang beragam dari Sabang hingga Merauke.

Acara dimulai dengan upacara bendera yang diiringi dengan lagu kebangsaan. Dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Dr. Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd, membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan bahwa bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap Langkah menuju perbaikan dan kemajuan. Direktur juga menyampaikan ucapan selamat hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar.

Selain itu, dalam upacara hari Pendidikan Nasional kali ini juga diumumkan pemenang baju adat terbaik yang berhasil didapatkan oleh tenaga kependidikan Shinta Dwi Nanda, Titik Wijayati dan Bella Puspita Rininda. Sedangkan untuk sivitas laki-laki berhasil didapatkan oleh bapak Imron Musthofa, Sidik Prasetiyo dan Eko Agung Imanto.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional di Politeknik Negeri Tanah Laut ini tidak hanya menjadi momentum untuk merayakan prestasi dalam bidang pendidikan, tetapi juga sebagai wadah untuk memupuk rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya bangsa. Dengan semangat ini, Politeknik Negeri Tanah Laut berkomitmen untuk terus berperan dalam menghasilkan generasi penerus yang cerdas, berkarakter, dan mencintai budayanya. Hms_Politala