Back

Politala Raih Penghargaan Atas Pembentukan “IP CORNER” Pertama di PTN di Kalimantan Selatan dari Kanwil Kalsel Kemenkumham RI

Politala – Pada acara Mobile Intellectual Property Clinic yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kalimantan Selatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di G’Sign Hotel Banjarmasin (19/07), Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) mendapatkan penghargaan kategori Perguruan Tinggi. Penghargaan ini diberikan atas kontribusi Politala dalam pembentukan “IP CORNER” pertama di Kalimantan Selatan, sebuah inisiatif penting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang hak kekayaan intelektual di wilayah ini.

“IP CORNER” yang diresmikan pada tanggal 21 Maret 2023 oleh Kantor Wilayah Kalimantan Selatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Politeknik Negeri Tanah Laut, telah menjadi pusat informasi dan layanan terkait kekayaan intelektual. Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya.

“Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini. Pembentukan ‘IP CORNER’ merupakan komitmen kami untuk mendukung inovasi dan perlindungan kekayaan intelektual di Kalimantan Selatan khususnya kabupaten Tanah Laut. Kami berharap ‘IP CORNER’ ini dapat menjadi pusat informasi dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat, mahasiswa, dan peneliti dalam mengelola hak kekayaan intelektual mereka.” Kata Mufrida.

Tema acara tahun ini, “Bergerak Mempererat Identitas Budaya Kalimantan Selatan di Mata Dunia Melalui Indikasi Geografis,” menyoroti pentingnya perlindungan indikasi geografis sebagai bagian dari kekayaan budaya dan identitas daerah. Dengan adanya “IP CORNER”, diharapkan akan lebih banyak produk lokal yang mendapatkan perlindungan indikasi geografis, sehingga dapat dikenal luas di tingkat nasional dan internasional.

Kakanwil Kalsel Kemenkumham RI Taufiqurrahman menyampaikan, penghargaan tersebut diberikan kepada kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam mendukung perkembangan layanan dan pembentukan kekayaan intelektual di Kalimantan Selatan.

“Penghargaan ini menjadi sebuah amanah untuk terus berupaya mendukung program berkelanjutan, dalam peningkatkan pemahamam dan kesadaran seluruh elemen dari ekosistem  kekayaan intelektual akan pentingnya kekayaan Intelktual kehidupan masa kini dan masa yang akan datang,” ujarnya.

Staf Ahli Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia bidang Ekonomi Dr. Lucky Agung Bintaro mengaspresiasi dan terima kasih pada seluruh penerima penghargaan yang telah berpartisipasi dalam pengembangan kekakayaan intelektual di Kalimantan Selatan.

Dr Lucky mengharapkan Pemerintah Provinsi dan Penerimaan Penghargaan untuk mendorong masyarakat daerah yakni Kalimanatan Selatan untuk mereka segara mendaftaran kekayaan Intelektual yang dimiliki agar tidak diakui oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

“IP CORNER” yang dibentuk oleh Kantor Wilayah Kalimantan Selatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Politala ini akan menyediakan layanan yakni konsultasi dan Pendaftaran terkait hak cipta, paten, merek dagang, dan hak kekayaan intelektual lainnya. Ini adalah langkah penting untuk mendukung perkembangan inovasi dan teknologi di Kalimantan Selatan khusunya di kabupaten Tanah laut.

Dengan adanya “IP CORNER” di Politeknik Negeri Tanah Laut, masyarakat Kalimantan Selatan kini memiliki akses yang lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi serta bantuan terkait kekayaan intelektual. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya perlindungan kekayaan intelektual dalam mendukung kemajuan teknologi dan inovasi di Indonesia. Hms_Politala