Back

Menguatkan Akhlak di Tengah Akademisi, Politala Rayakan Maulid Nabi dengan Penuh Makna

Politala – Senin, 23 September 2024, Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah dengan tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad sebagai Bekal Membangun Pribadi yang Unggul”. Bertempat di lapangan terbuka Politala, acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen, dosen, tenaga kependidikan, serta seluruh mahasiswa Politala, dan menghadirkan narasumber Dr. Ahmad, S.Ag., M.Fil.I dari UIN Antasari Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Direktur Politala, Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd., menyampaikan bahwa tema yang diusung memiliki makna mendalam. “Peristiwa Maulid Nabi bukan sekadar perayaan, tetapi mengingatkan kita akan pentingnya meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Akhlak yang baik merupakan fondasi utama dalam membangun pribadi yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Tujuan utama Islam adalah memperbaiki akhlak (adab), sedangkan pengetahuan berada pada posisi berikutnya. Kita perlu menyadari bahwa banyak kekeliruan saat ini dalam menjalankan sistematika kehidupan, mulai dari cara bersosialisasi, bertamu, hingga beraktivitas akademis,” ujar Dr. Mufrida.

Narasumber, Dr. Ahmad, dalam ceramahnya, menekankan pentingnya akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, Nabi Muhammad SAW adalah contoh teladan yang sempurna dalam menjalani kehidupan yang penuh kasih sayang, kejujuran, dan kesabaran. “Akhlak yang mulia adalah kunci keberhasilan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Dalam berinteraksi dengan orang lain, baik itu keluarga, rekan kerja, atau masyarakat luas, akhlak yang baik menjadi penentu keberhasilan hubungan sosial. Akhlak mencakup kejujuran, integritas, dan empati yang harus diterapkan dalam setiap aspek kehidupan,” jelas Dr. Ahmad.

Beliau juga menambahkan bahwa akhlak yang baik tidak hanya terlihat dalam ibadah ritual, tetapi juga dalam setiap interaksi sosial. “Tindakan kecil seperti berkata baik, berbuat adil, dan menghormati orang lain adalah cerminan dari akhlak Nabi yang perlu kita contoh. Keteladanan Nabi dalam memaafkan, bersikap rendah hati, serta selalu berpikir positif terhadap orang lain adalah nilai-nilai yang harus kita tanamkan dalam diri untuk menjadi pribadi yang unggul,” tambahnya.

Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh makna, Politala berharap dengan diselenggarakannya peringatan Maulid Nabi ini mampu menginspirasi seluruh civitas akademika Politala untuk lebih menanamkan nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat. Hms_Politala