Back

Academic Seminar & International Conference (1st ASIC)

Politala – Politeknik Negeri Tanah Laut telah menyelenggarakan Academic Seminar & International Conference (1st ASIC). Acara ini berlangsung selama dua hari secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube Politala pada Kamis dan Jum’at (22-23/7).

Keynote Speakers dari berbagai universitas luar negeri dihadirkan pada seminar ini. Mereka diantaranya adalah Dr. Glen Andrew Porter (Assistant Professor, National Kaohsiung University of Science and Technology, Taiwan), Dr. Atul Kumar (Professor and Head of Research, Dr. D. Y. Patil B-School Pune, Maharashtra, India), Dr. Muhammad Yaseen (Professor and Head Academic Outreach in National Textile University, Faisabalad, Pakistan) dan Dr. Pham Thi Hong Yen (Assistant Professor, Foreign Trade University, Hanoi, Vietnam).

Universitas Dr. D. Y. Patil B-School (Course Approved by AICTE, Ministry of HRD Govt. of India) dalam hal ini menjadi partnership serta Ghalih Foundation menjadi organizer acara. Kemudian Scholling Education, MERC Global, ANRI, DISPUSIP Tanah Laut, serta Yayasan Mizanul Amal Musafirin turut mendukung dan mensponsori dilaksanakannya acara.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dibuka langsung oleh Direktur Politala Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya, Mufrida mengucapkan rasa terima kasih dan sebuah kebanggaan bagi Politala atas partisipasi Keynote Speakers dari empat negara berbeda diantaranya Taiwan, India, Pakistan dan Vietnam.

Seminar Akademik dan Konferensi Internasional kali ini membahas tentang beberapa aspek yang ada di dunia pendidikan saat ini. Aspek tersebut diantaranya adalah pentingnya untuk menuntut ilmu hingga perguruan tinggi dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melanjutkan pendidikannya hingga ke luar negeri.

Pembahasan mengenai kesetaraan perempuan dalam hak mendapatkan pendidikan tinggi juga didiskusikan. Dimana di berbagai negara masih ditemukan asumsi bahwa perempuan tidak perlu mendapatkan pendidikan yang tinggi, sehingga perlunya pemahaman yang baik tentang keseteraan terhadap wanita untuk mendapat hak yang sama dalam pendidikan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Academic Seminar & International Conference (1st ASIC) kali ini, para pengajar yaitu dosen serta para mahasiswa dari seluruh dunia dapat berkolaborasi dalam meningkatkan pendidikan dan teknologi untuk menghadapi berbagai tantangan khususnya di masa pandemi. Hms_Politala