Direktur Politala Menjadi Narasumber BIMTEK Pelayanan Publik Manajemen RSUD Boejasin Pelaihari
Pelaihari, 22 Maret 2022 – Penuh antusias Direktur, Jajaran Manajemen, beserta 25 pegawai RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Hadji Boejasin Pelaihari mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Publik Service Excellent. Bimtek kali ini sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama antara Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) bersama RSUD Hadji Boejasin Pelaihari. Para pegawai pilihan RSUD Hadji Boejasin yang mengikuti Bimtek terdiri dari staf, pegawai admin, dan satpam. Direktur RSUD dr. Hj. Isna Farida turut membuka secara resmi kegiatan bimtek.
Direktur Politala, Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. menjadi narasumber utama pada bimtek kali ini. Pemaparan yang disampaikan ialah tentang “The Superior Service”. Mufrida berbagi pengalamannya sebagai Direktur dalam memimpin Politala hingga meraih pencapaian-pencapaian yang tinggi. Salahsatunya ialah meraih Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terbaik tahun 2021 untuk seluruh Politeknik se-Indonesia. Hal ini menunjukan nilai juara pada sistem kinerja yang dimiliki Politala.
Pengalaman bahwa Politala tidak main-main di dalam pelaksanaan bimtek terhadap seluruh pegawainya diutarakan oleh Mufrida. Pelatihan telah dilaksanakan Politala dengan mengundang Global Public Speaker, Muhammad Elvandi, Lc., M.A. untuk pelatihan Public Speaking & Mindset Peradaban dan diiukuti oleh Direktur dan Jajaran Manajemen. Kemudian bimtek tenaga kebersihan mengundang narasumber dari pihak perhotelan, dan banyak lagi. Semua itu tentulah untuk menunjukan bahwa Politala serius di dalam menunjung pelyanan publik yang excellent.
Dewan Penyantun sekaligus juga merupakan founding father Politala Dr. Sihabuddin Chalid, M.M.Pd., turut menjadi narasumber bimtek. ‘Etos Kerja & Berkarakter Ciptakan Organisasi Juara’ menjadi tema materi yang ia sampaikan. Tak luput karakter JUARA Politala ia sampaikan yang terdiri dari Jujur, Unggul, Agamis, Ramah, dan Atraktif. Ia juga mengajak peserta agar dapat bercermin dan mencontoh rumah sakit-rumah sakit unggul dan terbaik di Indonesia untuk mencapai pelayanan yang excellent.
“Terdapat beberapa karakter utama untuk JUARA. Yang pertama komunikasi yang baik. Kedua buatlah bench marking. Artinya kita perlu membeuat rencana matang bagaimana Politala di tahun 2045? Bagaimana RSUD Hadji Boejasin 30 tahun ke depan? Kemudian yang ketiga bekerjalah dengan ‘tim’. A person can’t be success, but a team can be (seseorang tidak akan bisa sukses, tetapi sebuah tim bisa). Keempat berikanlah penghargaan/award dan hukuman/punishment pada pegawai. Kelima tanamkanlah slogan/motto kerja. Tidak cukup 8 jam saja, namun bekerjalah 24 jam untuk sukses. Ketujuh raihlah prestasi dengan daya juang tinggi,” ungkap Sihab saat menjelaskan materi.
Para peserta bimtek juga dibuat sangat terkesan dengan pemaparan materi dari salah satu dosen Politala, Muhammad Ghalih, S.I.Kom., M.Sc., CTM., yang juga menjadi narasumber bimtek. Ghalih yang merupakan dosen Politala peraih sertifikasi Theocentric Motivational Leadrship (TML) memberikan pelatihan TML kepada para peserta. Kegiatan ini akan dilanjutkan hingga esok hari, Rabu (22/3).
Di kesempatan yang sama, dr. Hj. Wiwik Rakhmawati, M.Kes selaku Kepala Bagian Administrasi & Keuangan RSUD Hadji Boejasin memberikan tanggapan dan harapan baik terhadap bimtek yang sedang dilaksanakan. “Pelatihan yang kita laksanakan hari ini merupakan kehendak daripada pihak rumah sakit sendiri agar semua karyawan kami dapat memberikan pelayanan yang prima. Politala ini kami yakini merupakan kampus di Kab. Tanah Laut yang telah memberikan pelayanan service excellent. Harapan kami juga semoga Politala dapat memberikan hasil terhadap peningkatan pelayanan karyawan kami dan memberikan dampak yang lebih baik terhadap masyarakat, khususnya masyarakat di Kab. Tanah Laut. Kedepannya juga semoga Kerjasama ini akan terus berlanjut. Sehingga kami tidak perlu jauh-jauh bekerjasama dengan kampus lain atau institusi lain untuk bimtek service excellent ini.” Ujar Wiwik saat diwawancarai. Hms_Politala