Back

Webinar Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Menghadapi Dunia Kerja

Politala- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki para generasi muda saat ini. Dalam menunjang hal tersebut, Politeknik Negeri Tanah Laut bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Laut, #semuamuridsemuaguru Jaringan Penggerak Pendidikan, Ngampooz, serta  Ghalih Foundation menyelenggarakan Webinar bertajuk “Communication Skills That Will Advance Your Career”, Kamis (24/6).

Webinar yang di ikuti kurang lebih tiga ratusan peserta ini, diawali dengan sambutan oleh Kepala Layanan Pusat Karir Politala M. Indra Darmawan, M.Sc . Dalam sambutannya, M. Indra menyampaikan bahwa menurut data yang dimiliki oleh Layanan Pusat Karir Politala saat ini dari hasil monitoring dan evaluasi untuk para alumni  pada saat PKL, terdapat beberapa alumni yang memiliki hard skill yang bagus namun masih belum bisa menyampaikan ide-idenya atau kurangnya kemampuan berkomunikasi.

Indra mengharapkan, dengan mengikuti Webinar ini dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik bukan hanya untuk alumni namun juga untuk seluruh sivitas Politeknik Negeri Tanah Laut.

Dilanjutkan sambutan dari Sekretaris Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politala Bella Puspita Rininda, S.Ak., M.A. Beliau mengatakan, saat ini kemampuan komunikasi sangat diperlukan misalnya, tidak diterima kerja karena masih kurangnya kemampuan berkomunikasi saat tes wawancara.

Pada akhir sambutannya, Bella berharap para peserta dapat mengambil kesempatan baik ini dengan mengikuti Webinar secara serius, agar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi menghadapi dunia kerja saat ini.

Direktur Politala Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd pun turut memberikan sambutan serta arahan kepada peserta Webinar. Beliau mengatakan, dalam menentukan sebuah masa depan yang baik, selain memiliki nilai akademisi yang tinggi, memiliki sertifikat kompeten, namun juga harus diimbangi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan baik, jangan malu bertanya, semoga dengan mengikuti Webinar ini dapat menambah wawasan pengetahuan para peserta”, ucap Direktur pada akhir sambutan.

Dalam Webinar ini menghadirkan tiga narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya, diantaranya Nevi Alhamid, S.I.Kom (Entrepreneur), Hanifa, S.I.Kom (CASN Kementerian Komunikasi dan Informatika), Dini Hajjara, S.I.Kom (Public Relation Officer, Broadcaster I-Radio dan News Anchor) dan bertindak sebagai Moderator pada Webinar kali ini, Kepala Kantor Urusan Internasional Politala sekaligus CEO Ghalih Foundation M. Ghalih, S.I.Kom.

Narasumber pertama oleh Nevi Alhamid, S.I.Kom , dalam materinya menyampaikan tentang mengembangkan kemampuan komunikasi dan netiquette atau etika penggunaan internet. Pada sesi ini Nevi lebih menekankan untuk tetap menjaga attitude atau sikap yang baik saat berkomunikasi, entah itu berkomunikasi secara langsung maupun berkomunikasi di dunia maya.

Pada materi yang kedua, disampaikan oleh Hanifa, S.I.Kom. Dalam materi yang di bawakan membahas tentang komunikasi yang efektif dan tips seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021. Pembahasan materi pada sesi ini lebih fokus kepada teknis pendaftaran dan persyaratan menjadi CPNS, serta apa saja yang harus dipersiapkan untuk sukses menjadi CPNS.

Materi terakhir disampaikan oleh Dini Hajjara, S.I.Kom. Pada sesi ini membahas tentang Job Interview. Dalam isi materinya, Dini menjelaskan hal apa saja yang ada pada saat job interview atau wawancara penerimaan kerja. Salah satu poin penting yang harus dilakukan saat job interview adalah sikap percaya diri, yang didalamnya mencakup tentang percaya diri dalam menguasai lingkungan pekerjaan, menguasai bahasa yang baik dan pemilihan kosa kata yang benar.

Pada akhir Webinar M. Ghalih berharap dengan adanya Webinar ini dapat menambah wawasan sivitas akademika Politala agar mampu bersaing di dunia kerja dan dunia industri saat ini. Lanjut M. Ghalih mengatakan untuk terus belajar dan mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik. Hms_Politala