Politala- Dalam rangka mewujudkan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat, Politeknik Negeri Tanah Laut menyelenggarakan Desa Binaan tahun 2020 di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin yang mengambil tema “Peningkatan Potensi Desa Wisata di Masa New Normal Melalui Kegiatan Desa Binaan POLITALA”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Aula Kantor Desa Sungai Bakar. (11/11)

Kegiatan Desa Binaan ini diawali dengan senam pagi bersama di halaman Kantor Desa oleh seluruh perangkat Desa Sungai Bakar beserta undangan masyarakat Desa Sungai Bakar dan seluruh dosen tenaga kependidikan POLITALA yang tergabung dalam kepanitiaan Desa Binaan tahun 2020.

Setelah melaksanakan senam pagi bersama dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan, seluruh perangkat Desa Sungai Bakar beserta undangan memasuki Gedung Aula untuk selanjutnya mengikuti acara Desa Binaan POLITALA. Turut berhadir pada kegiatan ini Direktur POLITALA Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd, seluruh Wakil Direktur POLITALA, perwakilan Camat Bajuin Nahrin Fauzi, S.Sos, Kepala Desa Sungai Bakar Muhammad Raya, perwakilan Dinas Pariwisata Tanah Laut Riva M dan Kasatbinmas Polsek Bajuin Warsito.

Marlia Adriana, M.T selaku Ketua Pelaksana kegiatan Desa Binaan POLITALA 2020 yang juga menjabat Kepala P3M POLITALA mengungkapkan bahwa, kegiatan Desa Binaan adalah agenda rutin yang wajib dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi. Pada kegiatan kali ini POLITALA akan menyerahkan bantuan perlengkapan pencegah penyebaran virus Covid-19 kepada Kantor Desa Sungai Bakar diantaranya, set tandon tempat cuci tangan, alat semprot disinfektan beserta cairan disinfektan dan hand sanitizer dalam kemasan botol.

“Kegiatan Desa Binaan POLITALA di Desa Sungai Bakar merupakan bukti dukungan kami kepada Desa Sungai Bakar karena memiliki Desa Wisata yang sangat berpotensi. Bahkan wisata di Desa Sungai bakar sangat berdekatan dengan kota Pelaihari, sehingga kami merasa terpanggil untuk sama-sama mendorong kemajuan potensi Desa Wisata di Desa Sungai Bakar”, ucap Marlia dalam laporan sekaligus sambutannya dihadapan 50 tamu undangan yang berhadir.

Wakil Direktur I bidang Akademik POLITALA Sukma Firdaus, S.Si., M.T membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kegiatan Desa Binaan kali ini sangat tepat sasaran, karena saat ini objek wisata di Desa Sungai bakar sedang menjadi pusat perhatian masyarakat di Kabupaten Tanah laut bahkan hingga di luar Kabupaten.

“Selain kegiatan ini suatu kewajiban kami untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun juga dengan kegiatan ini saya harap dapat membantu masyarakat Desa Sungai Bakar dalam mengembangkan serta memanajemen aset yang sangat berpotensi ini”, tutur Sukma.

Perwakilan Camat Bajuin Nahrin Fauzi, S.Sos dan Kepala Desa Sungai Bakar Muhammad Raya pun sangat mengapresiasi kegiatan ini, “Saya mewakili masyarakat Desa Sungai Bakar mengucapkan banyak terimakasih kepada POLITALA karena telah menyelenggarakan Desa Binaan di Desa kami, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu perkembangan Desa Wisata di Desa Sungai Bakar”, ucap Kepala Desa.

Dalam penyampaian materi kegiatan Desa Binaan kali ini disampaikan oleh Koordinator Program Studi Akuntansi POLITALA Rina Pebriana, S.E., M.Comm. Isi materi yang disampaikan adalah cara-cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Desa Sungai Bakar untuk semakin mengembangkan potensi Desa Wisata di era sekarang.

”Contoh diantaranya yang dapat dilakukan seperti, terus mempromosikan Desa Wisata melalui media digital dan mencari objek wisata baru yang saling berdekatan agar para wisatawan yang datang memiliki banyak pilihan objek wisata di Desa Sungai Bakar”, pungkas Rina.

Sambutan terakhir sekaligus menutup kegiatan Desa Binaan POLITALA 2020 disampaikan oleh Direktur POLITALA Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya Direktur POLITALA mengajak masyarakat Desa Sungai Bakar untuk terus memajukan sumber daya manusia yang ada, agar dapat memajukan objek wisata yang tersedia sehingga mampu mengangkat perkonomian masyarakat Desa Sungai Bakar.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini selain kami menjalankan Tri Dharma Perguruan tinggi namun juga kita dapat bersinergi untuk memajukan Desa Wisata di Desa Sungai Bakar. Tidak lupa perlengkapan mencuci tangan dan hand sanitizer yang kami serahkan adalah salah satu langkah untuk memerangi Covid-19 saat ini”, tutur beliau.

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan Nota Kesepahaman MoU antara POLITALA dengan Dinas Pariwisata Tanah Laut, Kecamatan Bajuin dan Desa Sungai Bakar, serta penyerahan secara simbolis peralatan cuci tangan yang diserahkan langsung kepada Kepala Desa Sungai Bakar. HMS_Politala