Politala- Seluruh Ketua Jurusan Prodi Politeknik Negeri Tanah Laut beserta perwakilannya mengikuti Bimtek Penyusunan Instrumen Peningkatan Diploma Tiga (D-3) menjadi Sarjana Terapan atau Diploma Empat (D-4) untuk  Prodi Non Kesehatan seluruh Politeknik Negeri  secara virtual di Aula lantai dasar Gedung TI Politala, Kamis 15 April 2021.

Pada Bimtek Virtual tersebut, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T turut memberikan sedikit pengarahan kepada peserta Bimtek. Beliau mengatakan bahwa program peningkatan dari D3 ke Sarjana Terapan ini adalah merubah dan bertranformasinya Prodi D3 menjadi D4 sarjana terapan, bukan menambah prodi D4 yang baru.

“Sehingga saya bertitip pesan kepada Politeknik yang akan mengupgrade Prodinya dari D3 menjadi D4, dimohon untuk menyampaikan serta menjelaskan terlebih dahulu kepada mahasiswanya apakah bersedia meneruskan hingga D4, agar tidak terjadi protes dan hal lain yang tidak diinginkan,” ucap beliau.

Bagi Politeknik yang ingin mengupgrade Prodi nya dari D3 menjadi D4, pada Bimtek tersebut diterangkan apa saja persyaratan yang harus di penuhi oleh Politeknik, diantaranya adalah Program D-3 minimal terakreditasi  B serta wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Ditjen Diksi, seperti memiliki minimal 3 kerjasama dengan perusahaan/ pengguna lulusan IDUKA, memiliki staff dan dosen yang siap dan berkompeten serta menyiapkan kurikulum yang sangat berkaitan dengan IDUKA.

Dalam hal ini Politeknik Negeri Tanah laut yang telah mendapatkan Akreditasi B memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mengupgrade Prodi D3 yang ada saat ini, seperti D3 Agroindustri, D3 Teknologi Informasi, D3 Teknologi Otomotif dan D3 Akuntansi, menjadi Prodi D4. Namun sebelumnya Politala akan terus membaca perkembangan IDUKA di Kabupaten Tanah Laut,dan menentukan serta akan mempersiapkan Prodi D3 mana yang akan di upgrade menjadi Prodi D4 untuk memenuhi kebutuhan lulusan pada IDUKA di daerah. HMS_Politala