Politala- Sehubungan dengan MoU Politala yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kertak Hanyar pada 18 Maret 2021, maka pada hari ini Rabu tanggal 7 April 2021 Tim SMK Negeri 1 Kertak Hanyar melakukan kunjungan balik ke Politeknik Negeri Tanah Laut. Kunjungan ini adalah wujud nyata tindak lanjut kerjasama antara SMKN 1 Kertak Hanyar dengan Politeknik Negeri Tanah Laut. Tim SMKN 1 Kertak Hanyar yang berkunjung berjumlah 10 orang termasuk Kepala Sekolah, Susi Desi Arini, S. Pi, MP.

Penyambutan kunjungan ini dilaksanakan di Lantai Dasar Gedung TI Baru Politeknik Negeri Tanah Laut dan dihadiri oleh Wadir I, Wadir III, Kepala KUI, Kaprodi, dosen-dosen dan tendik. Agenda penyambutan kunjungan ini diawali dengan hiburan dari salah seorang tendik (Dodo Waluyo) yang menyanyikan sebuah lagu untuk menghibur rombongan tim yang baru saja tiba. Adapun susunan agenda yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Politala, Pembacaan Doa, Sambutan-Sambutan, Menyanyikan Himne Politri Tanah Laut dan Bagimu Negeri, kemudian Penutup.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Sekola SMKN 1 Kertak Hanyar, Susi Desi Arini, S. Pi., MP. Beliau sangat terkesan dengan penyambutan kedatangan tim di Politeknik Negeri Tanah Laut dan mengungkapkan tujuan-tujuan kunjungan. Tujuan yang pertama ialah  selain untuk silaturrahmi, yaitu menindaklanjuti MoU yang sudah disepakati. Harapan dari beliau dari tindak lanjut MoU adalah pelajar-pelajar SMKN 1 Kertak Hanyar nanti nya dapat melanjutkan jenjang pendidikan dan mendapatkan beasiswa di Politeknik Negeri Tanah Laut,  kedua beliau berharap agar bisa mendapatkan pembelajaran banyak dari Politeknik Negeri Tanah Laut sebagaimana ungkapan beliau bahwa “kami ingin dibantu dalam peningkatan kualitas pendidik (guru) maupun kualitas siswa yang magang di sini (Politala), serta pelatihan bersama”, dan yang ketiga adalah singkronisasi kurikulum.

Direktur Politala, Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd., menyambut dengan ucapan “Selamat Datang ke Politala” serta merasa terhormat dan berterima kasih untuk kunjungan rombongan SMKN 1 Kertak Hanyar di Politala. Beliau di dalam sambutan menyampaikan sejarah singkat awal didirikannya Politala, proses perkembangannya, prestasi-prestasi, hingga kondisi terkini akademik, dan kondisi infrastruktur yang sampai sekarang mengalami peningkatan. Satu hal penting yang beliau sampaikan ialah kerja sama, sebagaimana tutur beliau, “satu hal yang sangat penting yang terus kami lakukan adalah menjalin Kerjasama (networking) dengan Lembaga manapun, termasuk dengan SMKN 1 Kertak Hanyar saat ini”.

Kemudian Dewan Penyantun Politala, Dr. Sihabuddin Chalid, M.M.Pd sebagai yang terakhir memberikan sambutan menyampaikan latar belakang awal perjalanan karir beliau ialah juga sebagai Guru SMK sebelum akhirnya dapat mendirikan Politala dengan berbagai proses, tahapan, perjuangan, dan perubahan menjadi lebih baik.  Ungkapan terakhir dari beliau untuk menegaskan penting nya perubahan ialah, “Buatlah cita-cita, saya ingin berubah, tidak lagi di posisi sekarang. Tidak ada sesuatu yang selalu bertahan, semua pasti berubah. Tidak ada yang abadi, namun yang abadi ialah perubahan itu sendiri. Maka apabila Politala ini ingin hebat, belajarlah untuk melakukan perubahan”. Hms_Politala