Back

Tim Humas Politala Memandu Kegiatan Workshop Yayasan Waladun Sholeh

POLITALA – Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) menghadiri undangan sebagai narasumber kegiatan workshop strategi marketing sekolah yang dilaksanakan oleh yayasan Waladun Sholeh yang terletak di jalan Manunggal Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Marketing dan branding menjadi topik menarik di lingkungan sekolah Waladun Sholeh. Di era disruptif seperti saat ini, persaingan sekolah untuk memperoleh perhatian publik harus dilakukan langkah-langkah kreatif mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Tim Humas Politala yang menjadi narasumber pada workshop dan diskusi ini mengatakan “urgensi mengangkat strategi marketing mengingat tantangan sekolah swasta tak hanya soal kualitas”.

 “Para guru juga harus bisa membaca pasar dan secara kreatif menjadikannya sebagai bagian dari strategi marketing,” ungkap salah satu tim Humas Politala

Tim Humas Politala juga mengemukakan tidak hanya marketing, sekolah harus bisa melakukan branding secara cerdas. Jika marketing dilakukan untuk kepentingan jangka pendek yang menghasilkan respon dan penjualan, maka branding lebih berjangka panjang untuk membangun kesetiaan dan menarik emosi.

Tugas sekolah adalah bagaimana membangun kebanggaan publik internal sekaligus kekaguman bagi publik eksternal. Jika guru dan murid sudah bangga dengan sekolahnya, dan orang luar terkagum-kagum memandang kita, maka di situ tugas branding telah berjalan. Brand yang kuat akan memunculkan loyalitas, dengan demikian lebih mudah untuk melakukan marketing. Untuk itu sekolah harus kreatif menemukan differentiation dan positioning untuk menentukan segmentasi yang akurat. “Salah satu caranya adalah melakukukan social media monitoring dan social listening.

Di era digital sekarang pemanfaatan media sosial menjadi keniscayaan. Namun harus tetap berhati-hati memilih strategi bermedia sosial. Dengan komunikasi yang unik dan menarik akan dapat branding lebih mudah. Namun jika salah, justru akan menjadi blunder bagi sekolah.

Kepala Sekolah SDS Waladun Sholeh yakni  Kasmino berharap dengan adanya kegiatan workshop dan diskusi ini bisa membuat para guru sekolah di Waladun Sholeh ini bisa memiliki bayangan dan gambaran strategi apa yang bisa di lakukan untuk mempromosikan sekolah ini kepada masyarakat luas terutama dalam menghadapi tahun ajaran baru tahun 2023 mendatang.

Dalam sesi akhir salah satu peserta workshop mengucapkan terima kasih pada Tim Humas Politala yang telah membuka wawasan mereka tentang hal marketing dan branding sekolah Yayasan Waladun Sholeh kedepannya agar dapat terlaksana dengan baik dan terarah  bersama tim.

Kegiatan Worhshop yang diadakan yayasan Waladun Sholeh  ini merupakan  bentuk kerjasama antara pihak Politeknik Negeri Tanah Laut dengan Pihak Yayasan Waladun Sholeh yang sudah terjalin, dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.  (HMS_Politala)