Politala- Politeknik Negeri Tanah Laut melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menyelenggarakan Webinar bertajuk “EDU FAIR 2021: INTERNATIONAL SCHOLARSHIP SERIES STUDY IN TAIWAN WHY NOT” bekerja sama dengan Kantor Urusan Internasional Indonesia, Taiwan Education Center Indonesia, dan didukung oleh “Ngampooz”. Webinar yang diadakan pada Senin, 8 Maret 2021 kali ini dihadiri oleh sekitar 234 peserta di dalam zoom meeting yang berasal dari KUI Indonesia dan peserta-peserta yang mendaftar melalui jalur “Ngampooz” termasuk juga calon-calon pendaftar beasiswa Taiwan dan para mahasiswa Politala.

Webinar dibuka dengan sambutan oleh Direktur Poitala Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. Taiwan dikenal dengan negara demokrasi yang memiliki masyarakat pekerja keras dan ramah serta memiliki keunggulan tingkat internasional sebagaimana Direktur Politala mengungkapkan hal tersebut di dalam sambutan beliau. “Dalam masyarakat Taiwan, budaya modern dan tradisional dapat berpadu dengan baik sehingga menurut International Institute for Managament (IMD) Switzerland, Taiwan menduduki ranking 16 dari 63 negara dalam hal Economic Performance dan Business Efficiency Indices” tutur Mufrida.

Melalui penyampaian beliau menunjukan bahwa Taiwan memiliki kualitas SDM yang tinggi yang tentunya berhubungan dengan kualitas pendidikan tinggi di Taiwan, sehingga sangat direkomendasikan untuk peserta webinar melanjutkan jenjang kuliah di Taiwan.

Perwakilan dari Taiwan Education Center Tirta Amerta Effendi dan Lia Citania dihadirkan di sesi pertama menjelaskan tentang cara untuk dapat melanjutkan studi dan beasiswa apa saja yang bisa diperoleh untuk melanjutkan studi ke Taiwan.

Pada sesi berikutnya sesi penyampaian materi oleh perwakilan dari National Kaohsiung University of Science and Technology (NKUST) Dr. Glen Porter dan Esme Porter, yang mana dalam sesi kali ini mereka menjelaskan tentang budaya akademik yang ada di NKUST serta budaya masyarakat di Taiwan itu sendiri. Kemudian selain menjelaskan tentang apa saja program studi yang nantinya dapat diambil saat melanjutkan kuliah disana, mereka juga menjelaskan tentang berbagai aspek budaya, wisata, transportasi, dan lingkungan publik di dalam masyarakat Taiwan serta menginformasikan fasilitas dan akomodasi yang tersedia di NKUST untuk mahasiswa-mahasiswanya.

Semoga dengan diadakannya webinar ini dapat memicu semangat para mahasiswa Politala dan calon-calon pendaftar beasiswa yang lainnya untuk terus belajar dengan giat. Mempersiapkan diri masing-masing dan dapat meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke luar negeri khususnya ke Taiwan. Hms_Politala.