Politala- Seleksi sangat ketat bagi Politeknik Se- Indonesia  dalam pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2020. Peminat  calon mahasiswa memasuki Politeknik Negeri Tanah Laut tahun 2020 ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun- tahun sebelumnya. Politala dalam perkembangannya sangat baik, karena akreditasi institusi dan Program Studi dengan predikat “B”. Upaya tersebut membuat Direktur dan jajaran manajemen Politala membuka 4 Prodi baru dengan jenjang Diploma IV atau S1 Terapan dengan menggandeng perusahaan ternama di Tanah Laut.

Calon mahasiswa yang lolos tahap awal pada jalur SNMPN 2020 sebanyak 351 orang dari berbagai daerah baik di Tanah Laut, luar Tanah Laut bahkan luar Kalimantan. Dalam tahap awal ini peserta calon mahasiswa juga melewati tahapan berikutnya yaitu tes kesehatan. Panitia juga mengatakan bagi peserta yang lolos jalur SNMPN 2020 diharap yang belum melengkapi berkas segera melengkapi berkasnya.

Banyak calon mahasiswa jalur SNMPN 2020 juga mengikuti  beasiswa Pemerintah yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. KIP Kuliah ini  termasuk kebijakan baru dari Pemerintah pengganti beasiswa Bidik Misi. Pemerintah berharap dengan adanya beasiswa ini bisa membantu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi. Bagi yang sudah mendaftar dan belum lolos nantinya jangan pantang menyerah untuk mendapatkan beasiswa,  masih banyak beasiswa ketika kuliah nanti.

Selama adanya pandemi COVID 19 di Indonesia dan kebijakan tentang pengurangan aktifitas di kampus, sehingga banyak penundaan kegiatan di Politala.  Terutama tahap tes kesehatan bagi calon mahasiswa baru yang belum terjadwalkan. Panitia penerimaan mahasiswa baru Politala menghimbau untuk seluruh calon mahasiswa baru yang lolos jalur SNMPN tahap awal untuk menunggu konfirmasi jadwal selanjutnya.

Info bagi calon mahasiswa Politala yang lolos tahap awal jalur SNMPN 2020  bisa dibuka melalui snmpn.politeknik.or.id/pengumuman dan pmb.politala.ac.id/pengumuman/ (jika ingin mengetahui nomor pendaftaran bisa melalui laman ini). Semoga bagi yang lolos tahap awal bisa mengikuti tahapan berikutnya dan yang belum lolos tahapan awal ini bisa mengikuti pada jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 dan Jalur Mandiri.