Politala- Sejak berdirinya Politeknik Negeri Tanah Laut pada tahun 2009 sebagai salah perguruan  tinggi negeri yang ada di Kabupaten Tanah Laut sebagai bukti perkembangan pendidikan di daerah. Sesuai perkembangannya dengan adanya kebijakan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang  “Kampus Merdeka” yakni Perguruan Tinggi Negeri bisa mengajukan Program Studi baru dengan syarat utamanya adalah harus memiliki mitra atau dukungan dari perusahaan nasional maupun multinasional..

Dengan adanya kerjasama dengan perusahaan/industri, maka iklim pendidikan di perguruan tinggi akan selaras dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, harapannya lulusannya juga lebih mudah diserap karena telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri.

Pembuktian Politala ini menuaikan hasil dengan menggandeng perusahaan ternama dan bisa menambah Program Studi Baru Jenjang Diploma IV atau S1 Terapan pada tahun 2020. Sebelumnya juga sudah berdiri jenjang Diploma III yakni DIII Teknologi Informasi, DIII Agroindustri, DIII Teknologi Otomotif dan DIII Akuntansi. Program Studi Baru yang dibuka diantaranya adalah, DIV Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan, DIV Teknologi Pakan Ternak, DIV Teknologi Rekayasa Mekatronika dan DIV  Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Pada kesempatan itu nantinya pada penerimaan mahasiswa baru Politala  pada jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Tahun 2020, Politala membuka 8 Program Studi jenjang DIII dan DIV atau Sarjana Terapan. Jalur SBMPN nantinya melewati berbagai tahapan  seleksi yakni pendaftaran, tes tertulis, tes wawancara dan  tes kesehatan.

Bagi calon mahasiswa baru Politala yang ingin mendaftar bisa dibuka persyaratan dan ketentuan pendaftaran melalui laman  http://pmb.politala.ac.id/jalur-sbmpn/ . Persiapkan berkas dan diri kalian, untuk jadwal pendaftaran jalur SBMPN  dibuka  pada bulan Mei – Juni 2020. (HMS_Politala)