Politala- Politeknik Negeri Tanah Laut merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kabupaten Tanah Laut yang memberikan kemajuan tersendiri dalam dunia pendidikan yang lebih tinggi. Politala sendiri selama 10 tahun berdiri telah melahirkan  Sumber Daya Manusia yang unggul untuk memajukan perekonomian masyarakat melalui Pertumbuhan dunia pendidikan sesuai dengan perkembangan  zaman.

Dalam upaya tersebut Politala dengan berbagai cara terus berupaya mencari bibit dari Siswa Sekolah yang ingin diajak berkembang bersama untuk membangun Kabupaten Tanah Laut maupun Indonesia yang lebih maju. Upaya tersebut terus dilakukan Politala,  dengan telah diadakannya Pertemuan Instansi Instansi dan Sekolah- Sekolah SMA/ SMK/ MA yang terkait demi membicarkan pendidikan di Politala . Setelah adanya kesepakatan bersama, Politala  melanjutkan Sosialisasi ke Sekolah- Sekolah di Kabupaten Tanah Laut untuk memberikan gambaran pendidikan Vokasi yang sudah berkembangkan di Politala. Selain tingkat kabupaten, Sosialisasi Politala juga akan mengembangkan lagi  ketingkat Provinsi Kalimanatan Selatan maupun tingkat Nasional.

Telah dibukanya jalur pendaftaran tingkat Politeknik Negeri Se- Indonesia pada tahun 2020 yang  terbaru,  sebelumnya jalur  pendafatran dengan istilah Penelusuran Minat dan Kemapuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) diganti dengan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Nama SNMPN  ini yang telah di laouncing dan diresmikan oleh perwakilan dari  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 06 Januari 2020 di Politeknik Negeri Jakarta

Politala dengan Politeknik Se Indonesia Lainnya terus berupaya meningkatkan Bidang Vokasi dan menjadikan lulusan Politeknik yang memiliki kemapuan dan Keahlian di bidangnya. Lulusan Politeknik selain mendapatkan Ijazah nantinya juga di tuntut memiliki Sertifikat Kompentensi agar dapat digunakan ketika melamar kerja.

Dalam Kunjungan Tim Promsi Politala di SMA PGRI Tanah Laut (09/01) dan SMK Negeri 2  Pelaihari (10/01) di sambut sangat Antusias terhadap Siswa.  Para siswa berbodong bondong Menanyakan cara Pendaftaran di Politeknik Negeri Khususnya Politala. Dalam kegiatan Promosi turut hadir Direktur, Wakil Direktur dan Tim Promosi  Politala.

Sambutan Direktur Politala berpesan kepada semua siswa,”Lanjutkan  lagi pendidikan kalian  ke lebih tinggi karena pendidikan tinggi akan menajamin kalian di kehidupan yang lebih baik lagi, Pilihan kalian ke politeknik salah satu termasuk pendidikan vokasi akan memberikan kalian keahlian dan kemampuan dalam menguasai bidanngnya”.

“Politeknik khususnya Politala telah dipercaya oleh kementerian pada tahun 2019 mendapatkan Beasiswa Bidik Misi tebanyak pada tahun itu kepada siswa yang mendaftar di Politala, Kesempatan tersebut Politala terus beupaya siswa Lulusan pada tahun 2020 juga mendapatkan beasiswa”, imbuh Mufrida dalam sambutanya.

Direktur juga menceritakan,”Lulusan Politala yang  juga diberikan kesempatan Kementerian pada tahun 2019 elah mendapatkan Beasiswa Luar Negeri di Taiwanuntuk melanjutkan Studinya ke S1 terapan  yakni sebanyak 8 Orang”.

“Politala juga di berikan kesempatan pada tahun 2020 ini selain program Diploma III, Politala diperintahkan segera untuk membuka program S1 Terapan, maka dari itu Siswa SMA/ SMK/ MA ini daftarkan Segera ke Politeknik Khususnya Politeknik Negeri Tanah Laut berikanlah perubahan  untuk Keluarga dan Kabupaten kalian di tangan kalian”, Tutur Mufrida dalam pesannya.

Tim Promosi Politala  mendoakan semua, Semoga Lulusan SMA/ SMK/ MA di Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2020 bisa lulus semua dan mendapatkan nilai terbaik. Jangan lupa.. Ingat Politeknik… Ingat POLITALA… Politeknik Ahlinya!! (HM_Politala)