Politala – Melahirkan lulusan yang siap kerja adalah tujuan utama dari Pendidikan Vokasi di Politeknik Negeri Tanah Laut. Program Studi dan link kerjasama antara Politala dengan dunia industri di Kalimantan Selatan terus ditingkatkan. Sehingga nantinya para lulusan Politala diharapkan dapat dengan mudah diserap di dunia industri dan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.

Saat ini tidak hanya alumni Politala yang dapat dengan mudah memperoleh pekerjaan. Mahasiswa Politala yang masih berkuliah pun sudah berpeluang dalam berkarir untuk mendapatkan jabatan dan langsung bekerja di sebuah instansi atau perusahaan.

Sebagai buktinya ialah Tujuh mahasiswa semester akhir Politala yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tahun 2021. Veri Julianto, M.Si., selaku Kepala Unit Layanan Prakerin (Praktek Kerja Industri) Politala menginformasikan bahwa Tujuh mahasiswa tersebut langsung diterima kerja di tempat PKL mereka.

Perwakilan  mahasiswa PKL Tahun 2021 yang berhasil ditemui adalah Agung Laksana mahasiswa program studi Teknologi Informasi dan  Adia Masnita Kartini mahasiswi program studi Akuntansi.

Setelah dilaksanakannya kegiatan PKL mulai 1 Maret hingga 31 Mei 2021, Agung langsung diterima sebagai pegawai di PT. Panca Tehnik Banjarmasin, tempat ia melaksanakan PKL.

Tahapan demi tahapan pekerjaan dijalani oleh Agung selama PKL mulai dari menjadi admin penawaran hingga menjadi Assistant HR Manager. Saat ini Agung telah resmi sebagai pegawai dan mendapatkan jabatan sebagai Assistant HR Manager di perusahaan tersebut.

“Di sini itu yang terpenting adalah rajin dan cekatan dalam bekerja serta berbagai perintah dapat tuntas diselesaikan” ujar Agung saat ditanya alasan mengapa ia dapat langsung diterima bekerja di PT. Panca Tehnik, Kamis (3/6).

Agung merasa sangat senang karena belum lagi lulus kuliah ia sudah diterima bekerja di perusahaan dan termotivasi untuk terus meningkatkan kinerjanya. Harapan terbesar nya ialah ia dapat menja

ga kepercayaan perusahaan terutama manajernya.

Adapun Adia, ia akan diterima bekerja langsung di Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera (KJP CPS), koperasi sekaligus perusahaan kelapa sawit, Kec. Batu Ampar, Kab. Tanah Laut. Mahasiswi kelahiran Banjarmasin ini secara resmi menjadi pegawai di perusahaan tersebut  pada Senin, 7 Juni 2021. Saat diwawancarai ia mengungkapan,”rasa syukur dan bangga bisa di terima langsung bekerja sebelum waktunya dan tidak ada kata sia sia melanjutkan studi di Politala,  banyak ilmu yang didapat dan ilmu tersebut bisa dikembangakan serta digunakan waktu PKL”.

Selanjutnya Lima  Mahasiswa PKL Tahun 2021 lainnya ialah M. Hendra Aminnullah, Irawan Hadi Suhardi (Badan Narkotika Nasional Tanah Laut- Mulai Bekerja 1 Juni 2021), Muhammad Rawildan (PT. Nusantara Batulicin- Mulai Bekerja 1 Juli 2021), Helda Ainur Hiyyah (UPPD Samsat Batulicin) dan Jevry (Dinas Satpol Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Tanah Laut).

Bersama dengan adanya mahasiswa-mahasiswa Politala yang sudah diterima bekerja sebelum lulus kuliah, semoga dapat menjadi teladan dan motivasi bagi mahasiswa Politala yang masih duduk di bangku kuliah serta semangat untuk siswa yang ingin melanjutkan studinya di Politala.

Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Kabupaten Tanah Laut dan mempunyai Visi-Misi menjadi Politeknik Unggulan dan Berdaya Saing Nasional, semoga Politala dapat terus meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikannya. (Hms_Politala)