Politala- Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut yang ke-55, Politeknik Negeri Tanah Laut mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Kamis 10 Desember 2020, bertempat di Aula Gedung Teknik Informatika POLITALA. Dengan mengambil tema “PRA DESAIN MASTERPLAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN SUMBER DAYA DI TANAH LAUT TAHUN 2045” POLITALA turut mengundang Bupati Tanah Laut, anggota DPRD, SKPD, Dewan Pendiri POLITALA, TNI/POLRI, Tokoh Masyarakat dan LSM.

Direktur POLITALA Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd secara resmi membuka acara FGD, dihadapan para tamu undangan serta seluruh civitas POLITALA yang berhadir, beliau mengatakan bahwa target dari penyelenggaraan FGD ini adalah dapat menghasilkan sebuah Master Plan Pendidikan di Kabupaten Tanah Laut hingga tahun 2045 yang akan datang.

“Saya merasa yakin pada kesempatan ini akan melahirkan pemikiran dan pendapat yang sangat berharga dari para tokoh yang berhadir dan dari para narasumber yang sangat berkompeten, dalam rangka peningkatan sumber daya di Tanah Laut,” tutur Direktur.

Bupati Tanah Laut yang sambutannya di bacakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut Jamaluddin, M.Pd, dalam salah satu sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah akan terus memberikan dukungannya dan dengan diadakannya FGD ini diharapkan menjadi sebuah komitmen bersama untuk sama-sama memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Laut.

Sambutan pun diberikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Dr. Beny Bandanadjaya, ST.,MT via Online/daring. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena menurut beliau peran pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut sangat diperlukan dalam proses pengembangan pendidikan di daerah.

Sebelum penyampaian materi oleh narasumber dilakukan penandatangan MoU oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Tanah Laut dengan Ketua Yayasan Mizanul Amal Musyafirin dalam rangka Pra-Design pembangunan Masjid POLITALA, yang disaksikan langsung oleh Direktur POLITALA. Dilanjutkan dengan penyerahan buku History of Politala hasil karya Dr. Sihabbudin Chalid M.M.Pd kepada salah satu tokoh pendiri POLITALA H. Adriansyah.

Dalam FGD kali ini diisi oleh tiga narasumber yaitu, Prof. Dr. Ir. Taufik Djatna, M.Si dari IPB, Dr. Niniek Fajar Puspita, M.Eng dari ITS dan Dewan penyantun POLITALA Dr. Sihabbudin Chalid, M. M.Pd. Di masing-masing penyampaian materi para narasumber via online maupun offline, salah satunya menjelaskan tentang langkah yang terbaik untuk membangun sumber daya manusia adalah diperlukan adanya kerjasama yang berkesinambungan oleh semua pihak.

Kegiatan dilanjutkan dengan forum diskusi yang dimoderatori oleh Dr. Muhammad Ramli, M.Ed Dosen STIH Banjarmasin. Dalam kesempatan tersebut mantan Bupati Tanah Laut periode 2003-2013 H. Adriansyah turut memberikan masukan, beliau mengatakan untuk pembangunan dan pengembangan pendidikan di Tanah Laut ini Pemerintah Daerah harus terus mendukung dan memfasilitasi antara POLITALA dengan dunia industri.

“Masih banyak peluang untuk memajukan Kabupaten Tanah Laut, diantaranya dengan pendidikan. POLITALA sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Tanah Laut diharapkan dengan lulusan yang siap kerja akan turut berperan serta dalam kemajuan Tanah Laut,” ucap beliau.

Diharapkan dengan kegiatan FGD ini menjadi sebuah bukti nyata POLITALA dalam perannya sebagai perguruan tinggi yang menghasilkan SDM unggul, serta menjadi sebuah momentum bagi POLITALA bersama Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk terus memajukan pendidikan di Kabupaten Tanah Laut. HMS_Politala