Politala- Politeknik Negeri Tanah Laut dalam kepedulian terhadapa mahasiswa  dalam berorganisasi terus berupaya sebaik mungkin agar mahassiwa nantinya bisa memiliki kemapuan. Dalam hal pembinaan  organisasi mahasiswa (Ormawa)  lebih baik dan terarah selalu memberikan Pelatihan. Kegiatan ini seusai arahan kementerian yakni kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD). Kegiatan LKMM TD ini diselenggarakan setiap tahun dalam kepengurusan baru di setiap ormawa.

Kegiatan LKMM TD Tahun 2020 di Politala sebagai kepanitian yakni pesertaa LKMM TD tahun 2019. LKMM TD Tahun 2020 panitia mengangakat Tema “Membentuk Mahasiswa Berjiwa Pemimpin, Berpikir Cerdas, Religius serta Bersikap Nasionalisme”. Tema yang diangkat panitia memiliki sebuah tujuan bagi ormawa dalam  membentuk karakter seorang mahasiswa menjadi lebih baik dalam berorganisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan  3 hari 2 malam dari tanggal 06-08 Maret 2020, dalam acara pembukaan LKMM turut hadir yakni Direktur, Wakil Direktur III, Ketua Jurusan, Seluruh Pembina UKM, serta Panitia dan turut hadir peserta sejumlah 60 Mahasiswa dari setiap perwakilan Ormawa  Politala.

Dalam laporan ketua panitia yakni Sahrul Ramadhon (mahasiswa Mesin Otomotif) pada pembukaan mengatakan,”LKMM-TD bertujuan untuk membekali diri rekan-rekan mahasiswa dengan kemampuan manajemen berorganisasi, jiwa kepemimpinan, membangun karakter unggul, religius dan memupuk sikap nasionalisme”.

Kegiatan LKMM TD tahun 20202 dibuka secara resmi Direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag.,M.Pd (06/03). Dalam pembukaan tersebut direktur mengatakan,”Semoga dengan adanya pelatihan ini, setiap Organisasi Mahasiswa Politala bisa lebih berkembang lagi dalam mengadakan Kegiatan”.

“Organisasi bisa melatih kemapuan kalian dan ketika kalian berorganisasi jangan tidak ingat dengan tugas kalian yakni kuliah dengan baik, jangan sampai dengan adanya organiasi kalian lalai dengan kuliah kalian dan saling berimbang”, tutur Mufrida dalam sambutanya

Di akhir acara menemui salah satu peserta LKMM TD 2020 yakni Muhammad Sunandar mengatakan,” merasa sangat banyak sekali manfaat yang di dapat, dirinya bisa belajar bagaimana caranya mengatur, membagi waktu yang benar, membuat program kerja diri dan organisasi apa yang harus di kerjakan hari ini atau lusa”.

Anton berharap dengan berorganisasi,”mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, berjiwa pemimpin, peka terhadap kondisi sekitar dan bisa berkontribusi positif terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Mahasiswa harus  juga memiliki etika sopan santun dalam menyampaikan pendapat maupun kritik sosial, mengedepankan solusi, sehingga mahasiswa bisa menjadi problem solver dimana saja berada, tutup anton. (hms_Politala)